Musrenbang Kecamatan Botomuzoi Dibahas, Ini Harapan Wabup Nias

IMG 20240109 WA0117

 

GERAKNEWS.COM//NIAS

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Botomuzoi dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025 secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Nias, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Botomuzoi, Senin (8/1/2024).

Dikesempatan tersebut, Wakil Bupati Nias Arota Lase mengatakan bahwa Musrenbang RKPD dilakukan dengan tujuan membahas, menyepakati serta merumuskan permasalahan dan prioritas pembangunan daerah.

“Musrenbang pada hari ini sebagai media penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan kegiatan prioritas Pemerintah Desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di kecamatan,” jelas Arota.

Menurutnya perencanaan pembangunan daerah Tahun 2025 difokuskan pada pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Daerah (IKD) tahun ke 4 dalam periodesasi RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026.

“Yang menjadi fokus pembangunan adalah pengembangan kewirausahaan dan stabilisasi ekonomi kerakyatan menuju kemandirian ekonomi yang berkelanjutan,” ujar Arota.

“Pembangunan ekonomi harus berbasis kerakyatan dan potensi unggulan daerah meliputi pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan, pariwisata yang didukung oleh pemberdayaan koperasi dan UMKM,” sambungnya.

Masih di kegiatan yang sama, Camat Botomuzoi, Sentosa Waruwu dalam pemaparannya mengungkapkan jika usulan yang diajukan oleh 18 desa di Kecamatan Botomuzoi sebanyak 111 usulan.

“Jumlah usulan dari 18 desa se-Kecamatan Botomuzoi terdapat 111 usulan, namun setelah diverifikasi oleh Bappedalitbang tinggal 104 usulan. Hal ini mengacu dari indikator bidang infrastruktur, sosial ekonomi dan sosial budaya,” ungkap Sentosa.

 

Penulis: Donni Editor: RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.