Disdukcapil Kabupaten Nias Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, Ini Tujuannya

IMG 20240514 WA0009

GERAKNEWS.COM // NIAS

Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menggelar sosialisasi penyelenggaraan administrasi kependudukan, Selasa (14/5/2024), bertempat di gedung Howu-howu Desa Lasara, Kecamatan Gido.

Sosialisasi yang dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) selaku Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Nias tersebut tampak dihadiri para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat serta Denominasi Gereja di Kabupaten Nias.

“Sosialisasi ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi pemerintah daerah dengan pemerintah desa, tokoh masyarakat serta denominasi gereja untuk menginformasikan regulasi yang berlaku, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” lapor Kepala Disdukcapil Kabupaten Nias Tehesokhi Hulu.

Lebih lanjut Tehesokhi mengatakan, untuk pelaksanaan sosialisasi ini, pihaknya telah membagi menjadi tiga zonasi.

“Untuk hari pertama ini diikuti dari Kecamatan Gido, Sogae’adu, Ma’u dan Somolo-molo. Hari Rabu tanggal 15 Mei diikuti dari Kecamatan Idanogawo, Bawolato, Ulugawo. Dihari Kamis tanggal 16 Mei dari Kecamatan Hiliduho, Hiliserangkai dan Botomuzoi,” jelas Tehesokhi.

Sementara itu dalam arahan dan bimbingan Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Pardin Mozartman Harefa menilai jika pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Nias sudah sangat baik.

Dikatakan Pardin, hal tersebut dapat dirasakan dari mutu pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat melalui berbagai inovasi Disdukcapil Kabupaten Nias.

“Ada banyak inovasi yang telah diciptakan Disdukcapil Kabupaten Nias, antara lain, melayat menyerahkan akta kematian (SAMATI), nikah bahagia akta diterima (KABARI), pelayanan langsung kartu identitas anak (PAYUNG ALA KIA) serta aksi pelayanan akta lahir dan KIA terintegrasi (APALAH KITA),” ucap Pardin merincikan.

Ia berharap, kegiatan sosialisasi ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan pemahaman masyarakat bahwa administrasi kependudukan sangatlah penting.

Usai menyampaikan arahan dan bimbingan, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias itu menyerahkan plakat kepada Analis Kebijakan Ahli Madya, Direktorat Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Terpantau awak media ini, diwaktu yang bersamaan, Disdukcapil Kabupaten Nias juga melakukan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat di lokasi pelaksanaan sosialisasi.

Penulis: DonniEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.