Minimalisir Masalah Administrasi Koperasi, Pemkab Nias Gelar Pelatihan

IMG 20220613 WA0042

NIAS, geraknews.com info terkini Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan menggelar pelatihan peningkatan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian serta kapasitas dan kompetensi SDM koperasi dan nonfisik PK2UMK, Senin (13/06), bertempat di Nisa Lima Beach.

Pada penyampaian laporan Ketua Tim Panitia, Kabid Koperasi dan UKM, Elisari Hulu mengungkapkan maksud dan tujuan diselenggarakannya pelatihan.

“Adapun tujuan kita menggelar kegiatan ini yakni untuk memberikan arahan pelaksanaan administrasi koperasi yang sesuai dengan aturan yang berlaku,”

“Dengan harapan peserta pelatihan dapat mengerti dan mekanisme administrasi pembukuan koperasi yang benar sesuai dengan aturan serta dapat menyusun tata cara penyusunan laporan koperasi berdasarkan akuntansi koperasi,” tambahnya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut turut menghadirkan Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias Firmina Amina Halawa, serta mantan Kepala UPTD Pelatihan Koperasi dan UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara, Parluhutan Dalimunthe sebagai narasumber.

Masih di kegiatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias, Firmina Amina Halawa mengungkapkan alasan pihaknya menyelenggarakan kegiatan pelatihan.

“Kurang berkembangnya usaha koperasi diakibatkan minimnya pengetahuan tentang akuntansi koperasi dan ketidaktahuan tupoksi masing-masing baik itu juru buku, kasir dan anggota koperasi itu sendiri, mengakibatkan sistem pencatatan yang sistematis yang mencerminkan pengelolaan koperasi yang transparan dan bertanggungjawab sesuai dengan nilai, norma dan prinsip koperasi tidak berjalan dengan baik,” ucap Firmina.

Diakhir penyampaiannya, ia berpesan kepada para peserta pelatihan untuk memanfaatkan pelatihan dengan baik.

Untuk diketahui, pelatihan yang berlangsung dari tanggal 13 Juni akan berakhir pada tanggal 15 Juni 2022 dan diikuti sebanyak 25 orang peserta.

Penulis: Doni haggaEditor: RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.