Wujudkan Pemilu Serentak 2024 yang Demokratis, Panwascam Gununghalu KBB Gelar Rekrutmen PKD Secara Terbuka

IMG 20230204 WA0013

Geraknews.com,Bandung Barat, Pesta demokrasi rakyat Indonesia yang akan melibatkan hampir seluruh warga negara yang telah memiliki hak pilih segera digelar pada tahun 2024. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan penerimaan (rekrutmen) Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) secara terbuka.

Rekrutmen PKD yang dlakukan secara terbuka oleh Panwaslu Kecamatan Gununghalu, pendaftaran dan penerimaan berkas dimulai dari tanggal 14-19 Januari 2023 untuk menjaring para pengawas pemilu Kelurahan/Desa demi mengawasi jalannya seluruh tahapan pemilu serentak 2024 diseluruh Desa di wilayah Kecamatan Gununghalu.

Panwascam Gununghalu KBB yang diberikan mandat undang-undang untuk melakukan penjaringan PKD secara terbuka, sadar bahwa untuk mensukseskan pemilu serentak 2024 secara demokratis dan berkualitas harus dikawal oleh para pengawas pemilu yang tangguh dan berintegritas.

Ditemui awak media dikediamannya, Jumat 3 Februari 2023. Agus Hermawan salah satu pimpinan komisioner Panwascam Gununghalu mengatakan bahwa baik buruknya penyelenggara pemilu menentukan tinggi rendahnya kualitas penyelenggaraan pemilu.

“Penyelenggara pemilu tidak datang dari langit. Salah satunya rekrutmen jajaran pengawas Kelurahan/Desa secara terbuka dan fair play adalah kunci untuk menjaring para pengawas pemilu yang berkualitas,” katanya.

Agus Hermawan yang akrab dipanggil Aher mengungkapkan siapa saja yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan dirinya untuk menjadi pengawas pemilu Kelurahan/Desa di Kecamatan Gununghalu.

“Kami (Panwascam Gununghalu,red), mengundang putra-putri terbaik yang ada di sembilan (9) Desa, wilayah Kecamatan Gununghalu untuk ikut bergabung berpartisifasi mengawal tegaknya demokrasi dengan menjadi pengawas PKD di desanya masing-masing,” ungkapnya

Aher yang merupakan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (PP & PS) menjelaskan PKD adalah ujung tombak yang akan mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu serentak 2024 dilevel bawah/desa yang disinyalir rentan banyak pelanggaran pemilu.

“PKD adalah ujung tombak pengawasan seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu pada tingkat bawah pemilih desa yang sangat rentan banyak konflik,” jelasnya.

Dia menambahkan prosesi rekrutmen PKD di Kecamatan Gununghalu sekarang sudah memasuki tahap pleno hasil wawancara yang sebelumnya sempat ada perpanjangan waktu pendaftaran karena belum terpenuhinya kuota pendaftar untuk keterwakilan perempuan dibeberapa Desa.

“Alhamdullilah prosesi pendaftaran, wawancara calon PKD sudah selesai dilaksanakan dan pleno sudah ditetapkan untuk memilih calon PKD,” tambahnya.

Aher menginformasikan untuk pelantikan para PKD terpilih di sembilan Desa, yang ada di kecamatan Gununghalu akan inshaalloh akan dilaksanakan pada hari Senin, 6 Februari 2023 sesuai arahan dan jadwal dari Bawaslu KBB yang akan mengundang seluruh Forkopimcam, Kades, PPK, KUA maupun para tamu undangan lainnya dilingkungan pemerintah Kecamatan Gununghalu.

Penulis: RedEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.