Menjelang Masa Tenang Pemilu, Bawaslu Nias Rapat Koordinasi Bersama Pemangku Kepentingan

IMG 20240208 WA0002

GERAKNEWS.COM//NIAS

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias gelar rapat koordinasi bersama para pemangku kepentingan jelang memasuki tahapan masa tenang pada 11-13 Februari 2024, bertempat di Gedung Howu-howu, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Rabu (7/2/2024).

Dalam penyampaian laporan Sekretaris Bawaslu Kabupaten Nias, Augusman Gulo mengatakan jika pada masa tenang nantinya seluruh alat peraga kampanye akan ditertibkan.

“Jadi kita laksanakan rapat ini karena kita akan memasuki tahapan masa tenang. Maka sesuai dengan peraturan, semua alat-alat peraga kampanye tidak terpasang lagi,” kata Augusman kepada para peserta rapat.

Sementara itu, dalam penyampaian sambutan Kapolres Nias, AKBP Revi Nurvelani mengajak para partai politik untuk bekerjasama menertibkan alat peraga kampanye.

“Kami tekankan disini, dalam tahapan ini kami mohon kepada ketua-ketua partai, yang mempunyai alat-alat peraga kampanye alangkah lebih bagusnya proaktif. Apalagi beberapa spanduk berada di dalam atau halaman lingkungan rumah,” ajak Revi.

“Kami dari kepolisian akan membantu rekan-rekan Bawaslu dan Satpol PP dari sisi keamanan. Kami pun membuat satgas anti money politik, penegakan hukum dan kami akan berkoordinasi dengan Bawaslu. Karena Bawaslu adalah pintu masuk dari setiap laporan pelanggaran pemilu,” tutur Kapolres Nias lebih lanjut.

Masih dikesempatan yang sama, mewakili Bupati Nias, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Rahmat Chrisman Zai mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias mendukung penuh pelaksanaan pesta demokrasi.

“Pemerintah Kabupaten Nias tentunya sangat mendukung kegiatan Pemilu Tahun 2024 ini,” ungkap Kadis Kominfo Kabupaten Nias mengawali sambutan.

Rahmat juga menuturkan, Pemerintah Kabupaten Nias akan menegakkan aturan terkait netralitas Apartur Sipil Negara (ASN).

“Kami menghimbau kepada rekan-rekan kami disini untuk menjaga netralitas. Jaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Nias,” tuturnya mengajak para ASN menciptakan Pemilu damai.

Usai penyampaian sambutan oleh para pemangku kepentingan, Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Adirman Mendrofa mengapresiasi para pihak terkait dalam proses tahapan kampanye.

“Sudah kita pahami bersama bahwa kita sebentar lagi memasuki tahapan masa tenang. Kami Bawaslu Kabupaten Nias mengapresiasi kesadaran kita dalam berkampanye sudah menaati aturan,” ucapnya memberi apresiasi.

“Dimasa tenang ini parpol yang tenang, tetapi Bawaslu tidak tenang. Tentu kami harapkan, kami mengajak kerjasama dari seluruh masyarakat untuk tidak sungkan memberikan informasi kepada kami baik itu ke tingkat Kabupaten ataupun pengawas di Desa bila mendapati adanya indikasi pelanggaran,” tambah Ketua Bawaslu.

Adirman juga berharap, para ASN, TNI, Polri serta penyelenggara pemilu menjaga netralitas pada pelaksanaan Pemilu 2024 ini.

“Kami berpesan kepada kita semua, jangan sampai karena satu atau dua suara terjadi gesekan,” pesan Ardiman kepada para pemangku kepentingan.

Adapun narasumber pada rapat koordinasi tersebut, yakni Ketua KPU Kabupaten Nias Elisati Zandroto dengan materi “Kewajiban Peserta Pemilu Pada Tahapan Masa Tenang Pemilu Tahun 2024” serta Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Pardin Mozartman Harefa dengan materi “Dukungan Pemerintah Daerah Pada Pelaksanaan Tahapan Masa Tenang Pada Pemilu Tahun 2024”.

Penulis: DonniEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.