Jadi Aktivis Bukanlah Ladang Mencari Uang,Aktivis Adalah Ladang Mencari Pahala

IMG 20220428 224248

GERAKNEWS.COM INFORMASI PENTING Haiiiiiii Sobat Gnews…… PASTI tak asing lagi mendengar sebutan aktivis saat menonton televisi bukan? Nah memang, seringkali kita melihat banyak berita tentang adanya gerakan-gerakan yang disorot media dilakukan oleh seorang aktivis akan tetapi masyarakat belum paham aktivis sebenarnya itu apa? . .

Sebenarnya bagaimana sih aktivis itu? Ya, aktivis adalah orang yang memperjuangkan visi misi yang diyakininya sesuai dengan kepentingan organisasi, baik organisasi lingkungan, sosial, politik maupun organisasi massa lainnya.

Jadi Seorang Aktivis Bukanlah ladang mencari uang, aktivis adalah ladang mencari pahala.

Aktivis dekat dengan istilah gerakan perjuangan dan pembelaan atas masalah-masalah tertentu yang biasanya berkaitan dengan masyarakat lemah.

Seperti kesetaraan pendidikan, hak-hak bagi perempuan penegakan hukum, pelayanan kesehatan, dan termasuk upaya menjaga keseimbangan lingkungan.

Aktivis terlibat dalam berbagai upaya untuk mewujudkan masyarakat yang lebih baik melalui advokasi, penggalangan dana, dan juga terjun langsung sebagai relawan kemanusiaan

Menjadi seorang aktivis bisa tergabung dalam sebuah organisasi resmi ataupun sebagai profesi tambahan bagi seseorang yang sudah ahli dalam bidang tertentu.

Aktivis juga berperan dalam mengiring permasalahan yang sedang diperjuangkan hingga tuntas dan memberikan hasil yang baik terbaik untuk masyarakat.

Ingat Aktivis tidak  tidak berorientasi pada profit, lantas bagaimana Aktivis/lembaga ini bisa berjalan? Bukankah untuk menggerakkan sebuah lembaga mesti membutuhkan dana operasional?  Sobat Gnews apa itu Aktivis, aktivis biasanya tergabung dalam Lembaga Non Profit

Lembaga non profit atau biasa di sebut dengan organisasi nirlaba adalah suatu organisasi yang mempunyai tujuan untuk mendukung suatu isu yang sedang menarik public, tapi dilakukan tidak memiliki maksud komersial atau tanpa maksud untuk mencari laba atau keuntungan.

Ketentuan-ketentuan Organisasi Nirlaba

Berdasarkan PSAK No 45 diketahui bahwa organisasi nirlaba mendapatkan sumber daya dari sumbangan para anggota serta para penyumbang lainnya yang tidak mengharapkan imbalan apapun dari lembaga tersebut.

Lembaga non profit merupakan suatu kumpulan dari beberapa individu yang mempunyai tujuan tertentu serta bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan.

Organisasi nirlaba telah menjadi salah satu komponen yang berperan penting di masyarakat sejak era reformasi, sehingga tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari saat ini pun telah banyak lembaga non profit yang ikut terlibat.

Dari penjelasan di atas maka dapat kita ketahui bahwa lembaga non profit merupakan lembaga yang tidak mengutamakan atau membutuhkan profit untuk menjalankan usaha atau kegiatannya.

Sebab, umumnya sumber daya atau dana pada organisasi nirlaba yang berasal dari para donatur maupun sumbangan dari orang-orang yang ingin membantu sesamanya di gunakan untuk menjalankan segala kegiatan yang dilakukan, sementara ini yang bisa kami ulas, kritik dan saran sangat kami harapkan, sehingga bisa artikel yang kami sajikan bisa lebih baik, semoga bermanfaat “SALAM GERAKNEWS.

Penulis: RedEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.