Pesona Air Terjun Irenggolo Yang Memanjakan Mata

IMG 20220426 134643

KEDIRI,GERAKNEWS.COM INFO WISATA Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang terkenal di kalangan wisatawan adalah Kawasan Wisata Besuki. Kawasan wisata ini terletak di sebelah barat Sungai Brantas, tepatnya di lereng Gunung Wilis. Udara di kawasan ini sejuk sebagaimana khas daerah pegunungan. Tidak hanya itu, setiap pagi dan sore hari kawasan ini diselimuti oleh kabut.

Setiap harinya banyak orang yang sengaja datang ke kawasan ini untuk menikmati keelokan kabut dan menghirup udara segar pegunungan.

Di kawasan ini terdapat dua air terjun yang memiliki pesona indah. Yakni air terjun Irenggolo dan air terjun Dolo.

Diikutip dari berbagai sumber, pada zaman dahulu ada seorang panglima bernama Ira Manggolo. Panglima ini datang ke air terjun Irenggolo ketika ia kalah dalam peperangan. Di kawasan air terjun itulah ia bertapa sampai akhir hayatnya

Menurut cerita yang beredar, panglima Ira Manggolo tidak pernah pulang ke daerah asalnya sampai ia meninggal. Nama Irenggolo yang menjadi nama air terjun ini berasal dari nama panglima Ira Manggolo.

Air terjun Irenggolo memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Sementara itu kemiringannya diperkirakan mencapai 45 derajat. Batu-batuan tempat air terjun mengalir memiliki bentuk unik yang serupa dengan anak tangga.

Kawasan air terjun Irenggolo memiliki sejumlah fasilitas seperti toilet, tempat bermain anak, flying fox, dan kolam renang. Di sekitar lokasi air terjun banyak tanaman kopi jenis arabika milik petani lokal yang menambah indah kawasan wisata ini.

Dengan demikian, kawasan air terjun ini ramah digunakan sebagai tujuan wisata keluarga ketika akhir pekan atau musim liburan tiba.

 

Air terjun Irenggolo terletak di Jalan Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Dari pusat kota Kediri, jarak yang perlu ditempuh sekitar 30 kilometer. Untuk sampai ke kawasan wisata air terjun Irenggolo, pengunjung bisa menggunakan moda transportasi apapun. Pasalnya, akses jalannya cukup mudah.

Hanya saja yang perlu menjadi catatan adalah, jalan menuju kawasan ini menanjak. Sehingga para pengunjung diharap lebih berhati-hati saat melakukan perjalanan menuju air terjun Irenggolo.

Terlebih apabila musim penghujan, jalanan yang menanjak cenderung lebih licin. Jadi sebaiknya kendaraan yang digunakan juga dalam keadaan baik

Kawasan air terjun ini dibuka 24 jam. Namun, pengunjung tidak disarankan datang pada malam hari karena penerangan di sekitar kawasan masih minim.

Di kawasan yang sama dengan air terjun Irenggolo terdapat satu air terjun lain, yakni air terjun Dolo,Jarak antara air terjun Irenggolo dan air terjun Dolo hanya berkisar 4 meter. Kedua air terjun eksotis ini dipisahkan oleh pepohonan dan hutan.

Air terjun Dolo memiliki ketinggian 125 meter dan berada 1.800 meter di atas permukaan laut (dpl). Air terjun Dolo terkenal sangat dingin, meskipun debit air yang dicurahkan tidak terlalu deras.

Sebagaimana air terjun Irenggolo, air terjun Dolo juga sudah dikelola sebagai kawasan wisata. Dikutip dari berbagai sumber, kawasan wisata air terjun Dolo memiliki sejumlah fasilitas seperti musala, warung makan, jogging track, kawasan pendakian, taman bermain, area perkemahan, bahkan vila.

 

 

Penulis: Tim LipsusEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.