Peringati Hari Wayang Nasional, APEL Kota Batu Gelar Wayang Kulit dengan Lakon Semar Mbangun Kayangan

IMG 20231126 WA0250

Kades Sidomulyo yang juga bendahara APEL Kota Batu Suharto, saat tengah diwawancarai awak mediaKades Sidomulyo yang juga bendahara APEL Kota Batu Suharto, saat tengah diwawancarai awak media

GERAKNEWS.COM || MALANG BATU – Dalam rangka memperingati sekaligus memeriahkan Hari Wayang Nasional 7 November 2023, Asosiasi Petinggi Kepala Desa dan Lurah (APEL) Kota Batu menggelar Wayang Kulit.

Kegiatan acara tersebut bertempat di Rest Area Desa Wisata Sidomulyo, Jalan Bukit Berbunga, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Kepala Desa Sidomulyo Suharto menjelaskan, bahwa untuk melestarikan budaya leluhur terdahulu sekaligus memeriahkan Hari Wayang Nasional 2023, sebagai dalang dalam acara tersebut, APEL Kota Batu sengaja mendatangkan Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kota Batu Eko Saputro.

“Acara wayang kulit ini sebagai pembuka diawali di Desa Sidomulyo, karena memang dari segi tempat parkir yang luas serta askes di pinggir jalan raya itu memudahkan para penonton, baik masyarakat lokal Kota Batu maupun wisatawan domestik juga mancanegara,” tuturnya kepada awak media, pada Minggu (26/11/2023).

Suharto yang juga bendahara APEL Kota Batu ini menambahkan, pagelaran wayang kulit dengan lakon ‘Semar Mbangun Kayangan’, mengandung maksud sebagai generasi penerus.

“Ya, maksud dan tujuannya agar lebih melestarikan budaya leluhur, menghormati dan membangun Kota Batu ke arah yang lebih baik lagi ke depannya,” imbuhnya.

Pihaknya juga berharap, bahwa selain menjalin tali silaturahmi, kegiatan acara wayang kulit ini agendanya berkelanjutan sebagai agenda tahunan.

“Ini murni acaranya APEL, semuanya anggaran dari APEL, stan penjual di sekitar panggung pewayangan juga berasal dari warga sekitar, dengan memberdayakan UMKM ini otomatis perekonomian Kota Batu pastinya juga ikut terangkat,” pungkasnya.

Pewarta: Team

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.