Daerah  

Perebutkan Wali Kota Cup, Pordasi Kota Batu Gandeng KONI Kota Batu Gelar Lomba Pacuan Kuda se-Jatim

IMG 20231126 WA0263

Ketua KONI Kota Batu Sentot bersama anggota KONI Kota Batu, saat sesi foto bersama

GERAKNEWS.COM || MALANG BATU – Pertarungan sengit terlihat dari balap kuda pacu Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Wali Kota Cup Kota Batu, yang bertempat di Lapangan Kuda Pacu Megastar, Jalibar, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Dalam kesempatannya, Sentot selaku Ketua KONI Kota Batu menyampaikan, bahwa kegiatan ini tak hanya diikuti oleh joki dan Kuda Balap dari Jawa Timur saja, namun juga dari Mataram serta beberapa daerah lain di Indonesia.

“Ya, sangat menarik mas. Bukan saja penggemar olahraga berkuda saja yang datang memadati sekitaran arena pacu, tapi juga banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang melihat balapan kuda ini,” tutur Sentot kepada awak media, pada Minggu (26/11/2023).

Sementara itu, Agam Tirto Buwono selaku Pengawas Pemprov Pordasi Jatim menjelaskan, bahwa 3 Desember 2023 agendanya juga akan digelar Equestrian Archery Sport atau olahraga memanah berkuda, yang dihelat ditempat yang sama.

“Berkuda ini pun juga diperlombakan di PON, jadi harus dibina karena ada juga katagori lomba berkuda lompat rintangan. Kegiatan ini juga bisa menjadi tujuan wisata,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Sasmita Mauludi selaku panitia pelaksana menambahkan, bahwa pacuan ini kedepannya menuju pada kancah nasional.

“Disela perlombaan ini juga dilaksanakan Pengukuhan Pengurus Pordasi Kota Batu dan pemberian secara simbolis piala bagi para pemenang lomba pacuan kuda ini,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Desa Oro-Oro Ombo Wiweko mengapresiasi suksesnya gelaran lomba pacuan kuda diwilayahnya tersebut. Karena dengan banyaknya wisatawan mancanegara yang datang, berdampak positif pada meningkatnya perekonomian Kota Batu khususnya UMKM Desa Oro-Oro Ombo.

“Dengan banyaknya para peserta lomba pacuan kuda serta wisatawan yang datang, akan mendongkrak perekonomian Kota Batu. Karena Homestay maupun tempat-tempat menginap di Kota Wisata Batu dipenuhi oleh mereka, saya juga berharap kedepannya Arena pacuan kuda satu-satunya di Kota Wisata Batu ini, akan terus bertumbuh kembang lebih baik lagi,” pungkas Wiweko.

Pewarta: Team

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.