Diduga Adanya Penggunaan Infus Kadaluarsa Di RSUD Kota Kediri Membuat Geram LSM Gerak Indonesia

IMG 20240106 143918

Geraknews.com-Beredarnya Informasi terkait diduga adanya Kecerobohan penanganan pasien dilakukan tenaga medis di RSUD Kota Kediri terhadap salah satu pasien anak-anak mengalami gangguan serius menjadi sorotan LSM Gerak Indonesia.

Rendy Zulfikar SH Kepala Bidang Advokasi LSM Gerak Indonesia menyayangkan kejadian tersebut,informasi yang didapat awak media ini bahwa korban sampai buang air kecil, air seninya bercampur darah,kita bisa bayangkan sakit seperti apa.

“Kami berharap PJ Walikota Kediri melalui Dinas Kesehatan Kota Kediri untuk memberikan sanksi ke RSUD di Kota Kediri.

Dikatakan Rendy dugaan peristiwa pengunaan infus kadaluarsa itu, menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Dan untuk meminimalisir terjadinya kelalaian sekaligus menciptakan pelayanan kesehatan yang prima kami berharap para tenaga medis bekerja lebih Profesional.

” Kita akan berharap ada punismen dan teguran keras kepada pihak rumah sakit, termasuk pegawainya yang bertanggung jawab,” ujar Rendy.

“Dalam waktu dekat Kami akan mengirimkan Surat Cinta Kepada Instansi terkait agar ada Pembenahan di Bidang Kesehatan Di Kota Kediri”.

Alat kesehatan yang sudah kadaluarsa adalah alat kesehatan yang sudah melewati batas aman waktu pemakaiannya. Alat kesehatan ini dapat berupa selang infus, jarum, benang, alat-alat bedah, dan lain sebagainya.

Waktu kadaluarsa yang tertera pada kemasan alat-alat tersebut menandakan batas akhir dari keamanan alat-alat kesehatan, alat akan efektif dan aman bila digunakan sebelum tanggal yang tertera dan pada metode penyimpanan yang sesuai misalnya dengan kondisi suhu, kelembaoan, dan pencahayaan yang sesuai.

Rendy menambahkan Alat kesehatan yang sudah kadaluarsa sebaiknya digunakan karena dapat menimbulkan risiko kesehatan karena keamanan alat tidak terjamin.

Sama seperti makanan, alat juga memiliki batas waktu pemakaian apabila melewati bas waktu tersebut alat akan rusak dan kualitasnya akan menurun sehingga akan lebih mudah rusak dan ditumbuhi kuman dan jamur yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum penggunaan alat-alat kesehatan sebaiknya dilakukan pemeriksaan keamanan alat terlebih dahulu, seperti salah satunya tanggal kadaluarsa.

Sebaiknya alat-alat yang sudah kadaluarsa dikumpulkan dan dimusnahkan di tempat-tempat khusus untuk pemusnahan alat-alat medis tegas Rendy.

 

Penulis: ckEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.