Kunjungan Mentri ATR/BPN Hadi Tjahjanto di Lamongan Membuat Warga Desa Kedali Terharu

IMG 20230505 WA0011

 

GERAKNEWS.COM / /  LAMONGAN

Desa Kedali Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan mendapat kehormatan kunjungan Mentri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto kamis 4/5/2023 yang tengah menggencarkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Program ini oleh pemerintah melalui Kementrian ATR/BPN dicanangkan agar seluruh bidang tanah di Indonesia memiliki sertifikat.serta mempunyai hak kepemilikan yang sah.

Dalam kunjungannya ke Desa Kedali Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto  menyerahkan 15 Sertifikat Hak Milik (SHM) hasil dari program PTSL secara langsung ke rumah warga.

Ada sebanyak 15 sertifikat, 14 di antaranya sertifikat lahan sawah dan 1 sertifikat pekarangan yang hari ini kita bagikan secara langsung di rumah pemilik,” kata Hadi Tjahjanto di sela-sela penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat langsung dari rumah ke rumah.

Dengan dilakukannya penyertifikatan lahan sawah, maka sawah menjadi terlindungi dan tidak mudah untuk diambil alih oleh mafia tanah” ungkap Hadi Tjahjanto.

Biasanya sawah banyak yang tidak disertifikatkan, lewat PTSL ini, sawah jadi bersertifikat. Kalau sawah sudah disertifikatkan jadi enak,serta memiliki bukti kepemilikan yang sah.” ucapnya saat mengunjungi rumah warga di Desa Kedali.

Menurut Hadi, dengan diselenggarakannya program PTSL akan bermanfaat bagi masyarakat diantaranya sebagai bukti yang sah atas kepemilikan tanah sehingga sawah tersebut tidak dialih fungsikan dan tetap menjadi lahan sawah dilindungi (LSD). Selain itu, sertifikat tanah yang dimiliki juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengajukan pinjaman uang ke bank, untuk mendirikan atau mengembangkan usaha.

Hadi juga mengimbau, baiknya sawah-sawah tersebut masuk dalam Lahan Sawah yang Dilindungi (LSD) untuk mencegah berubahnya peruntukan lahan sawah.

Sawahnya jangan dialih fungsikan, biarkan tetap menjadi sawah. Kalau sertifikatnya mau disekolahkan tidak apa-apa, kan membantu peningkatan perekonomian juga. Dengan catatan, menambah modal usaha dan biaya sekolah maupun keperluan yang bermanfaat bukan kepada rentenir,” ucap Hadi.

Komitmen dari Mentri ATR/BPN seluruh target PTSL di Kabupaten Lamongan dapat terealisasi pada tahun 2023 dengan target PTSL per April 2023 berdasarkan jumlah target luas bidang tanah ialah 26.854 hektare dan target Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) PTSL sejumlah 52.512 bidang.

Kalau wilayah Lamongan ini nantinya dijadikan kabupaten lengkap, maka dengan mudah kita bisa memonitor tanah di Kabupaten Lamongan. Ini juga supaya mafia tanah tidak bermain-main. Ini adalah cara saya menggebuk mafia tanah,” kata Hadi Tjahjanto.

Yang paling penting, kata Hadi, dengan telah dimilikinya sertifikat tanah, maka mafia tanah tidak bisa lagi mengambil alih tanah milik warga secara ilegal. Oleh karena itu, Hadi berkomitmen untuk terus melanjutkan Program PTSL, termasuk untuk mensertifikatkan tempat ibadah.

Ini adalah cara pemerintah untuk menggebuk mafia tanah. Mitigasi mafia tanah dari sini. Jika sudah ada yang terlanjur mengambil tanah rakyat, kami tidak segan-segan bersama aparat kepolisian untuk menyikat mafia tanah,” ucap Hadi

Suharmanik salah satu warga penerima, sangat terharu dan bahagia sekaligus mendapat kehormatan karena telah mendapatkan sertifikat tanah, yang diberikan langsung oleh Mentri Hadi Tjahjanto ke rumahnya.

Bahagia banget karena mendapat kehormatan menerima sertifikat langsung dari pak Mentri. Juga didoakan sama Mentri dan Wakil Bupati. Mudah-mudahan membawa barokah di hidup dan keluarga kami,” kata Suharnanik yang memiliki usaha penggilingan kopi kecil-kecilan itu mengaku akan memanfaatkan sertifikat dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan pesan yang disampaikan Mentri Hadi Tjahja.

Pesan dari pak mentri, sertifikat ini disimpan sebaik-baiknya, atau bisa dijadikan modal untuk mengembangkan usaha yang kami rintis. Yang penting tidak dibuat jaminan hutang ke rentenir,” ujar Suharnanik dengan berlinang air mata bahagia.

Penulis: SugiantoEditor: RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.