Daop 7 Madiun akan tutup akses jalan perlintasan KA tak berpalang pintu

IMG 20220502 121849

Blitar,geraknews.com Info Terkini
Setelah kejadian terjadinya kecelakaan Avanza tertabrak KA Penataran yang menewaskan dua orang pegawai KAI di Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, Daop 7 Madiun akan menutup akses jalan di perlintasan Kereta api tak berpalang pintu itu.

Alasannya, karena tidak ada petugas jaga di lokasi. Selain itu, early warning system (EWS) juga tidak berfungsi semestinya.
Kepala Daop 7 Madiun Hendra Wahyono mengatakan, pihaknya meninjau secara langsung kondisi perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Pasirharjo, Kabupaten Blitar. Pihaknya telah melakukan tinjauan lokasi dan juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

“Intinya, kami meminta kejelasan dari Pemkab Blitar, melalui Dishub terkait penjagaan keamanan di perlintasan kereta ini. Sebab, ini kewajiban dari Pemda,” ujarnya setelah koordinasi bersama di Kantor Desa Pasirharjo, Minggu (1/5/2022).

Hendra menyebutkan, tidak ada penjagaan di perlintasan kereta api itu. Baik petugas jaga maupun lainnya sementara, EWS yang ada juga tidak berfungsi sehingga, cukup membahayakan bagi para pengendara yang melintas.

“Sesuai aturannya, kalau tidak ada petugas jaga dan juga EWS tidak berfungsi, maka akan ditutup apalagi ini perlintasan resmi,” katanya.

Terkait hasil kesepakatan, Hendra menjelaskan, pihak Dishub bersedia menyediakan personel dalam penjagaan perlintasan kereta api itu. Khususnya selama momen lebaran 2022 dengan menyiagakan personel hingga 8 Mei mendatang.

“Mereka menyanggupi untuk memberikan petugas jaga, kemudian EWS juga akan segera diperbaiki. Yang jelas akan kami tagih janjinya nanti,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Daop 7 Madiun bersama sejumlah pihak melakukan tinjauan TKP dan berkoordinasi pasca-kecelakaan Avanza dengan Kereta Api (KA) di Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Sabtu (30/4/2022) kemarin.

Akibat kejadian itu, dua orang yang merupakan pasangan suami istri meninggal. Sedangkan satu orang balita yang merupakan putra mereka mengalami luka parah

Penulis: RedEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.