Bupati Nias Kukuhkan Pengurus Kampung Siaga Bencana Kecamatan Bawolato

IMG 20230513 WA0050

 

GERAKNEWS.COM / / NIAS

Berikan kepada masyarakat, Bupati Nias mengukuhkan pengurus Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Jumat (12/5/2023).

“Tujuan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) ini adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan risiko bencana dengan menyelenggarakan kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana berbasis masyarakat,” ungkap Kadis Sosial, PMD dan Perlindungan Anak Kabupaten Nias, Yuwanman Lase dalam laporannya.

Ia mengatakan, Kabupaten Nias merupakan salah satu daerah rawan bencana, dimana hal ini terbukti dengan tingginya frekuensi kejadian bencana terutama setelah bencana alam gempa bumi tanggal 28 Maret 2005. Bencana yang sering terjadi antara lain, kebakaran rumah, banjir, angin kencang/angin puting beliung dan tanah longsor.

Untuk menanggulangi serta melindungi diri dari ancaman tersebut, ia berpendapat, perlu adanya strategi antara Pemerintah Pusat, Daerah dan masyarakat yang ada di daerah rawan bencana bersatu padu untuk menanggulangi melalui KSB.

Sementara itu dalam arahan Bupati Nias, Ya’atulo Gulo mengatakan, masyarakat harus mendapatkan edukasi dan pemahaman yang mendalam untuk meningkatkan kesiapsiagaan secara mandiri dan partisipatif terhadap kegiatan pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan dalam menghadapi bencana.

“Kepada segenap personil Tim KSB yang telah dilatih dan dikukuhkan untuk menjadi garda terdepan dalam hal penanganan bencana serta terus melakukan sosialisasi dengan rekan-rekan, tetangga dan masyarakat tentang informasi yang telah diterima melalui pelatihan,” ujar Bupati Nias.

Tampak dalam acara tersebut, Tim KSB Kecamatan Bawolato bersama TAGANA Kabupaten Nias melakukan simulasi kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana.

Beberapa simulasi yang diperagakan antara lain evakuasi korban bencana, pengangkatan korban bencana ke tempat tenda darurat (Gardu Sosial), penyediaan jalur evakuasi, dapur umum, posko serta penangangan terhadap mental para korban bencana.

Di penghujung kegiatan, Bupati Nias meninjau langsung lokasi gardu sosial, dapur umum, posko, serta jalur evakuasi yang telah dipersiapkan oleh Tim KSB Kecamatan Bawolato bersama TAGANA Kabupaten Nias untuk memastikan ketersediaan dan kesiapan persediaan untuk menangani korban bencana.

Penulis: Donni Editor: RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.