Kota Gunungsitoli Genap 346 Tahun, Ini Harapan Ketua Forkada Se-Kepulauan Nias

IMG 20240406 WA0048

GERAKNEWS.COM / / GUNUNGSITOLI

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Gunungsitoli Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Hari Jadi Kota Gunungsitoli, setiap tanggal 6 April diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Gunungsitoli.

Di tahun 2024 ini, Kota Gunungsitoli genap memasuki usia 346 Tahun dan diperingati di Taman Ya’ahowu dengan mengusung tema “Gunungsitoli Terus Bertumbuh”.

“Atas nama forum kepala daerah se-Kepulauan Nias, kami mengucapkan selamat hari jadi Kota Gunungsitoli yang ke 346, semoga seluruh cita-cita serta impian Pemerintah Kota Gunungsitoli dapat diwujud nyatakan dengan harapan kelak akan memberikan dampak positif bagi kita semua,” ucap Ketua Forum Kepala Daerah (Forkada) se-Kepulauan Nias, Ya’atulo Gulo.

Ia berpandangan, tema HUT yang diusung saat ini sejalan dengan kondisi Kota Gunungsitoli yang terus bertumbuh.

“Pertumbuhan ekonomi Kota Gunungsitoli harus kita akui leading (terkemuka) di Kepulauan Nias. PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) per kapita Kota Gunungsitoli menurut data yang kami amati kurang lebih 46 juta per kapita pertahun,” ungkap Ya’atulo yang juga Bupati Nias.

“Ini kontras dengan kabupaten lain yang ada di Kepulauan Nias yang range (jangkauan) 28-36 juta per kapita pertahun karena Kota Gunungsitoli adalah kota perdagangan,” tambahnya.

Ya’atulo pun berharap, Kota Gunungsitoli akan menciptakan masyarakat urban yang modern, yang ditandai dengan warganya yang rasional, kerja keras dan bertindak melalui prinsip-prinsip ekonomi.

Sementara itu, Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli dalam penyampaiannya mengatakan, berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Hari Jadi Kota Gunungsitoli, peringatan HUT akan diawali dengan sidang paripurna DPRD Kota Gunungsitoli.

Melalui perayaan ini, Sowa’a menuturkan jika sudah saatnya di era kita saat ini kolaborasi dan sinergitas menjadi kekuatan dalam mewujudkan Kota Gunungsitoli yang terus bertumbuh kearah yang lebih baik.

“Melalui HUT Kota Gunungsitoli ke 346 Tahun 2024, pada kesempatan ini Kota Gunungsitoli me-launching pemberian 100 beasiswa kepada masyarakat Kota Gunungsitoli yang kuliah di Universitas Nias Tahun ajaran 2024/2025,” ucap Sowa’a.

“Kita berharap Forkada juga akan memperjuangkan KIP (Kartu Indonesia Pintar) kuliah untuk mahasiswa yang kuliah diberbagai perguruan tinggi di Indonesia,” tandasnya mengakhiri.

Penulis: DonniEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.