Beberapa cara Mendidik Anak Menurut Islam

IMG 20220105 WA0003

KEDIRI Geraknews.com Rabu 05/01/2021
Rasulullah Muhammad SAW merupakan teladan terbaik yang tidak hanya mengajarkan bagaimana cara beribadah dengan benar, namun juga bagaimana mengatur suatu keluarga hingga negara.

Berikut cara mendidik anak menurut Islam sesuai ajaran nabi dan Al-Qur’an,
1. Memperdengarkan bacaan AL QUR’AN sejak di dalam kandungan hingga lahir.

Cara mendidik anak yang pertama sudah dimulai sejak dalam kandungan hingga lahir. Semasa hamil, sebaiknya memperbanyak mengaji, selain membawa ketenangan, tentunya ada berkah tersendiri. Dan kemudian setelah bayi lahir, teraturlah setiap hari memperdengarkan bacaan Al-Qur’an. Hal ini supaya anak sudah terbiasa dengan lantunan setiap lafadh” ALLAH, apalagi dengan pikiran yang masih suci dan mudah menerima.

2. Mengajarkan dasar dasar islam
Cara mendidik anak menurut Islam selanjutnya dengan mengajarkan dasar-dasar Islam. Dalam kitab Al-Amali dari Imam Al-Baqir dan Imam ash Shadiq, mengatakan mengenai tahap awal mengenalkan anak pada Allah SWT.
Disebutkan bahwa pada usia 3 tahun, ajarkan kalimat Tauhid “LAILA HA ILLALLAH” sebanyak 7 kali. Kemudian saat menginjak usia 3 tahun 7 bulan, ajarkan anak kalimat MUHAMMADAR RASULLULLAH”.

3. Memberi contoh dan mengajarkan sholat
Cara mendidik anak menurut Islam berikutnya dengan memberi contoh dan mengajarkan salat. Sejak balita sudah membiasakan anak untuk mengambil air wudu dan mengikuti gerakan salat, meskipun belum benar sama sekali.

Penulis: IBASEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.