Hukum  

SOSIALISASI BUKU PENGANTAR HUKUM KEIMIGRASIAN (UJI SAHIH) DALAM RANGKA HARI BHAKTI IMIGRASI KE-72

IMG 20220106 WA0464

BADUNG, GERAKNEWS.COM-Badung – Kamis, 6 Januari 2022 Bertempat di Nusa Dua Beach Hotel & Spa, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai menyelenggarakan acara Sosialisasi Buku Pengantar Hukum Keimigrasian (Uji Sahih) dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi Ke-72.

IMG 20220106 WA0462

Narasumber pada acara ini yaitu para penulis Buku Hukum Keimigrasian Sebuah Pengantar yaitu Dr. Agus Riewanto (FH UNS), Dr. Oce Madril (FH UGM), Gautama Budi Arundhati, S.H., L.LM (FH UNEJ), I Gede Widhiana Suarda, Ph.D (FH UNEJ), Fahmi Ramadhan Firdaus, SH, MH (Puskapsi FH UNEJ) yang dimoderatori oleh Rizki Hari Wibowo, M.HI (Analis Keimigrasian Ahli Pertama).

IMG 20220106 WA0465

Acara dibuka dengan pengantar yang disampaikan oleh Dekan FH UNEJ Dr. Bayu Dwi Anggono, S.H., M.H, yang menyampaikan bahwa latar belakang penulisan ini adalah masih terbatasnya literatur kekinian mengenai Hukum Keimigrasian di Indonesia yang membahas dari berbagai prespektif keilmuan hukum. Hal tersebut menjadi ruang bagi penulis-penulis selanjutnya untuk dapat mengembangkan literasi mengenai hukum keimigrasian.

Plt. Direktur Jenderal Imigrasi Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum dalam sambutannya secara daring mendukung penuh buku yang diinisiasi oleh para akademisi lintas perguruan tinggi serta Direktorat Jenderal Imigrasi. Plt. Dirjen Imigrasi berharap hadirnya buku ini dapat menjadi khazanah baru dengan pendekatan prespektif ilmu hukum, buku ini akan menguatkan pesan untuk bagaimana merevitalisasi tugas dan fungsi imigrasi. Plt. Dirjen Imigrasi juga berharap dengan adanya diskusi ini akan menjadi ajang diskusi yang baik untuk membangun dan menyempurnakan substansi dari buku ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh para penulis yang menjelaskan gambaran per bagian yang disampaikan oleh Dr. Agus Riewanto (FH UNS) yang membahas sejarah dan kedudukan hukum keimigrasian, Dr. Oce Madril (FH UGM) yang membahas mengenai hukum administrasi keimigrasian, Gautama Budi Arundhati, S.H., L.LM (FH UNEJ) yang membahas mengenai hukum internasional keimigrasian, I Gede Widhiana Suarda, Ph.D (FH UNEJ) yang membahas mengenai hukum pidana keimigrasian, dan Fahmi Ramadhan Firdaus, SH, MH (Puskapsi FH UNEJ) yang membahas quo vadis : ‘Fungsi Hukum Keimigrasian Indonesia’.

Acara ditutup oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, beliau menyampaikan bahwa dengan selesainya buku Hukum Keimigrasian Suatu Pengantar yang disusun secara lintas akademisi dengan pejabat Imigrasi, diharapkan kedepannya dapat membangkitkan antusiasme penulis lainnya untuk menerbitkan buku tentang Keimigrasian yang dapat semakin melengkapi buku ini.

Momentum Hari Bhakti Imigrasi ke-72 menjadi momentum untuk menerbitkan buku ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi tim penulis serta bagi seluruh insan Imigrasi karena buku ini semakin memperkaya literatur tentang Keimigrasian dalam khasanah kepustakaan di Indonesia. Tetap Selalu Menjaga Prokes 5 M. (Hary-Team-Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.