Kisah  

PROFIL KAMPUNG MEKAR JADI AYU Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah.

IMG 20220908 WA0008

Geraknews.com//Bener Meriah,Aceh

Berdasarkan Data yang dihimpun Media ini dari Data Kelompok KKN Unsyiah Banda Aceh No 135 di Kabupaten Bener Meriah 2017.
Ini Sejarah Singkat Desa Mekar Jadi Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah Kamis 8/9/2022.

Desa Mekar Jadi Ayu terbentuk pada tahun 2002 di kabupaten Aceh Tengah.

Desa ini merupakan pemekaran dari Desa Suka Jadi. Kemudian pada tahun 2004 terjadi pemekaran antara Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Desa Mekar Jadi Ayu masuk dalam Kabupaten Bener Meriah, tepatnya di Kecamatan Wih Pesam perbatasan Desa Syura Jadi dan Suka Jadi. Namun,

Masyarakat Bener Meriah umumnya belum mengetahui keberadaan Desa Mekar Jadi Ayu, padahal usianya terbilang sudah lama yaitu 15 tahun.

Ternyata Kondisi Umum Desa Mekar Jadi Ayu ini
Mata pencaharian umum penduduk setempat adalah petani kopi dan tanaman hortikultura.

Lokasi Mekar Jadi Ayu yang terletak di atas bukit menyebabkan akses menuju desa juga sulit. Jalan menuju Desa Mekar Jadi Ayu sulit dilewati dikarenakan jalan aspal yang rusak dan mendaki yang dikelilingi jurang. Sehingga tidak semua kendaraan dapat melalui medan tersebut, hanya kendaraan khusus untuk mendaki.

Akses yang sulit menyebabkan desa ini masih terlihat jauh dari keramaian. Transportasi yang digunakan oleh penduduk sekitar menggunakan kendaraan pribadi, yaitu  sepeda motor dan mobil. Desa ini memiliki jumlah penduduk 32 KK yang mayoritasnya adalah wanita. Jarak menuju pusat kecamatan sekitar ± 5 Km dan menuju ke jalan raya ± 3 Km. Akses warga menuju puskesmas yang terletak di Desa Suka Jadi ditempuh dalam waktu minimal 5 menit perjalanan.

Keadaan perumahan warga umumnya adalah rumah kayu dan letaknya tersebar tidak berdekatan. Warga setempat memiliki lahan kopi dan hewan ternak seperti ayam. Namun warga desa tidak memanfaatkan lingkungan semaksimal mungkin, seperti masih ada lahan yang kosong tidak ditanam apapun. Sumber air yang digunakan langsung dari mata air gunung yang dialirkan melalui instalasi pipa yang terhubung ke masing-masing bak air di rumah warga.

Kondisi Geografis Desa

Desa Mekar Jadi Ayu terletak di Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah. Desa ini berbatasan dengan:

Sebelah timur berbatasan dengan Desa Syura Jadi

Sebelah barat, selatan dan utara berbatasan dengan Desa Suka Jadi

 

Kondisi Pemerintah Desa

Saat ini Desa Mekar Jadi Ayu dipimpin oleh kepala desa atau sering disebut disana sebagai Reje desa yang bernama bapak Juanda dan dibantu oleh Sekdes yaitu Misda Abadi. Mereka juga dibantu oleh tokoh masyarakat seperti pemuda desa dan tokoh masyarakat lainnya.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang paling menonjol di Desa Mekar Jadi Ayu adalah:

Pertanian:

Kebun kopi

Tanaman hortikultura, seperticabai, sayur dan kol

Hasil dari panen kopi untuk kebutuhan ekonomi yaitu diperjual belikan keluar daerah, hanya sedikit disimpan untuk konsumsi sendiri. Sayuran biasanya untuk dikonsumsi sendiri karena tidak ditanam dalam jumlah yang besar seperti kopi.

Sumber Daya Manusia

Mayoritas warga di Desa Mekar Jadi Ayu berprofesi sebagai petani dan berkebun, yang usianya berkisar antara 25-50 tahun. Sedangkan penduduk yang berusia sekolah di desa tersebut sedang mengenyam pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai S1. Rata-rata warga Desa Mekar Jadi Ayu hanya lulusan SMA dan yang sedang kuliah S1 hanya ± 5 orang saja.

Penulis: TEAM ACEH/rahman Editor: RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.