Pelaku UMKM di Kabupaten Nias Diedukasi, Berikut Harapan Bupati Nias

IMG 20220919 WA0068

 

GERAKNEWS.COM//NIAS – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan menggelar pelatihan strategi pemasaran produk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pelatihan kuliner, Senin (19/9/2022).

Kegiatan yang berlangsung selama 7 hari tersebut di laksanakan di Aula Paroki Kristus Raja Gido, Jl. Pastoran No. 3 Hiliweto Gido.

“Dengan pelaksanaan pelatihan ini diharapkan agar para pelaku UMKM mampu menganalisa permasalahan yang dihadapi dan keterbatasan yang dapat menghambat pemasaran produk, kemampuan untuk mengelola sumber daya lokal sehingga menambah penghasilan dan juga dapat membuka lapangan pekerjaan,” jelas Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias Firmina Halawa.

Ia mengatakan, kegiatan ini diikuti 25 orang para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Nias dari tanggal 19 sampai 21 September 2022, sedangkan peserta pelatihan kuliner bagi pelaku UMKM berjumlah 27 orang yang dilaksanakan dari tanggal 22 sampai 24 September 2022.

Sementara itu, Bupati Nias Yaatulo Gulo menyampaikan bahwa pelatihan merupakan sesuatu proses pendidikan jangka pendek dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir sehingga peserta pelatihan memiliki pengetahuan teknik pengerjaan dan keahlian untuk tujuan tertentu.

“Salah satu faktor kegagalan wirausaha adalah kurangnya memiliki kemampuan pemasaran dan tidak mampu melihat atau memanfaatkan peluang yang ada sehingga dapat mengakibatkan fokus tujuan tidak jelas, daya saing lemah, tidak bisa meminimalisir resiko,” ungkap Bupati Nias.

Diakhir penyampaiannya, orang nomor satu di Kabupaten Nias itu berpesan kepada para peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan dengan baik agar dapat menunjang perekonomian.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ajulio Padly Sembiring selaku narasumber serta para pelaku UMKM.

 

Penulis: Donni HagaEditor: RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.