Apel Peringati Hari Bumi, LH dan Keanekaragaman Hayati di Embung Gogoniti, Bank Sampah Desa Soso Dapat Juara 1 se-Kabupaten Blitar

IMG 20220602 WA0420

Geraknews.com || Blitar – Gelar apel dalam rangka memperingati Hari Bumi, Hari Keanekaragaman Hayati dan Hari Lingkungan Hidup, Pemerintah Kabupaten Blitar, dilaksanakan di Embung Gogoniti,Desa Kemiri Gede, Kecamatan Kesamben, kamis(2/6/2022).

Agenda ini dihadiri secara langsung oleh Bupati Blitar Rini Syarifah, asisten,staf ahli dan sejumlah OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar.

Dalam sambutannya Bupati Blitar Hj Rini Syarifah menyampaikan pesan, diantaranya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Blitar untuk berperan aktif menjaga kebersihan air, keberlangsungan ekosisten sungai dan melestarikan satwa.

Pada kesempatan itu,Bupati Blitar Hj Rini Syarifah juga mengajak masyarakat untuk ikut melestarikan tanaman endemik lokal, tanaman eksotis dan tanaman langka sebagai edukasi bagi generasi mendatang.

Selanjutnya Bupati Blitar Hj Rini Syarifah dengan didampingi Kepala DLH Achmad Cholik juga menyerahkan secara langsung piala dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba di bidang lingkungan hidup. Beberapa yang diserahkan diantaranya penyerahan Hadiah Lomba Bank Sampah Tahun 2022 dan penyerahan penghargaan adiwiyata tingkat Kabupaten, Nasional dan Mandiri.

Sementara itu, Achmad Cholik memberikan apresiasi kepada para pegiat lingkungan. Diantaranya sekolah adiwiyata, Desa/Kelurahan Berseri, Desa/Kelurahan Proklim, Penggerak Bank Sampah dan para pegiat lingkungan lainya.

‘’Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh pegiat lingkungan yang telah mencurahkan waktu dan segala sumber dayanya untuk berinvestasi pada planet bumi kita,’’tutur Cholik.IMG 20220602 WA0421

Pada Lomba Bank Sampah Tahun 2022, Bank Sampah “Ngudi Lestari”Desa Soso, Kecamatan Gandusari mendapatkan Juara 1 pada lomba Bank Sampah se-kabupaten Blitar.

Kepala Desa Soso Sumardi juga mengucapkan selamat kepada para pengurus Bank Sampah “Ngudi Lestari “, serta sangat mengapresiasi kepada masyarakat desa yang telah menyadari pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

“Saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh semua pengurus atas kerja kerasnya selama ini. Dan juga kepada masyarakat desa yang telah menyadari pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan”,ucap Sumardi.

Sumardi memaparkan, tujuan awal mengadakan pengolahan bank sampah dengan mendirikan Bumdes, dengan tujuan untuk memupuk kesadaran masyarakat menyelamatkan bumi dari sampah juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari hasil sampah yang dikumpulkan.

“Awal terbentuknya Bank Sampah “Ngudi Lestari” kami membuat Bumdes. Yang bertujuan memupuk kesadaran masyarakat dan tentunya untuk menyelamatkan bumi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan untuk saat ini pengelolaan bank sampah ada 11 unit yang terbagi di dua dusun,”tutur Sumardi.

Ia juga berharap dengan adanya pola pengelolaan sampah ini, juga untuk membantu masyarakat meningkat pendapatan,disamping juga untuk menjaga alam untuk kelangsungan hidup semuanya dan juga anak cucu nantinya.

Untuk diketahui untuk pemenang lomba Bank Sampah se-kabupaten Blitar penilaian dilakukan oleh Tim dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar. Untuk Juara 2 diraih oleh Bank Sampah “Mandiri” Desa Bendosari, Kecamatan Sanankulon, untuk Juara 2 diraih oleh Bank Sampah “Manfaat” Desa Sumber, Kecamatan Sanankulon.
(JK/Ati/Lipsus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.