Wani Piro !!! Perda RT/RW Diduga Sebagai Ajang Tawar menawar Kepentingan

IMG 20230509 215319

GERAKNEWS.COM || PASURUAN – Polemik pengesahan Raperda tentang perubahan rencana tata ruang wilayah ( RT/RW ) No 12 tahun 2010 yang mendapat penolakan oleh sejumlah NGO/ LSM dan penundaan oleh beberapa fraksi DPRD, Selasa 9 Mei 2023, pukul 14.00 Forum Rembuk Masyarakat Pasuruan (Format) mendatangi kantor DPRD Kab Pasuruan. Selasa, 09/05/2023.

Rombongan tersebut di terima oleh ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan ruangannya. Ketua Format Ismail Makky dalam keterangannya mengatakan ” pembahasan Raperda RT/RW ini sudah lama dilakukan sejak tahun 2017 – 2023 , karena itu perda RT/RW ini mutlak untuk segera disyahkan, tidak ada satupun alasan dan argumentasi yang kuat untuk menolak perda RT/RW kecuali satu alasan menolak adalah demi sebuah nilai tawar atau Bergaining kepentingan kelompok, perda ini untuk kepentingan masyarakat khususnya masyarakat wilayah timur agar disparitas timur dan barat tidak terjadi,” ujarnya.

Ditambahkan pula bahwa perda RT/RW tersebut adalah janji kampanye Bupati dan wakil bupati terpilih 2019 – 2024 yang saat ini akan mengakhiri masa jabatannya, jadi pemerintah dan DPRD tidak boleh patuh dan tunduk terhadap tekanan, intimidasi dan rongrongan dari pihak manapun yang sengaja untuk mencari keuntungan dari permasalahan tersebut, ujarnya.

Sudiono Fauzan ketua DPRD Kabupaten Pasuruan menjelaskan bahwa kesempatan untuk melakukan pengesahan cuma sampai pada tanggal 15 Mei 2023, sampai saat (BAMUS) Badan Musyarawah DPRD belum menjadwal kan kegiatannya, kemarin sidang paripurna yang digelar DPRD, hanya 1 Fraksi (PKB) setuju untuk segera ditetapkan dan 6 Fraksi lainnya meminta adanya penundaan pengesahan Perda RT/RW, ujarnya.

Jurnalis: MasHudi/Red
Jurnalis: Harijono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.