Tingkatkan Pembangunan Masyarakat Melalui Pokjanal, Bupati Nias : Beri Kontribusi Nyata

IMG 20230708 WA0028

 

GERAKNEWS.COM / / NIAS

Pemerintah Kabupaten Nias menggelar koordinasi sosialisasi Kelompok Kerja Kesehatan Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu), bertempat di ruang serbaguna, lantai tiga Kantor Bupati Nias, Jumat (7/7/2023).

“Pokjanal ini kita maknai sebagai wadah untuk menyatukan persepsi dalam rangka upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Nias yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi, pembinaan, fasilitasi, advokasi dan bantuan yang berkaitan dengan fungsi dan kinerja posyandu,” ujar Bupati Nias, Ya’atulo Gulo.

Menurut Ya’atulo, pembangunan masyarakat pada era transformasi saat ini terbagi dalam 6 pilar, yakni: transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi pembudidayaan kesehatan, transformasi sumber daya manusia kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

“Transformasi layanan primer adalah pilar pertama dalam transformasi layanan kesehatan nasional yang berfokus pada upaya preventif dan promotif yang dilakukan dengan memperbaiki skrining kesehatan dan edukasi kesehatan, pencegahan sekunder serta revitalisasi layanan kesehatan pada puskesmas, posyandu maupun kunjungan ke rumah,” tuturnya.

“Tindak lanjut kegiatan hari ini yakni terbentuknya mekanisme pembinaan posyandu secara berjenjang dan terkoordinir di tingkat kecamatan dan desa dengan melibatkan unsur lain seperti lembaga profesi, perguruan tinggi, LSM, swasta, dunia usaha dan lain sebagainya yang secara tidak langsung nantinya akan mendorong keaktifan posyandu sesuai dengan indikator perkembangan posyandu,” sambung Bupati Nias.

Diakhir penyampaiannya, Ya’atulo berharap Pokjanal Posyandu dapat mengidentifikasi permasalahan dan kendala serta merumuskan rencana tindak lanjut yang konkrit dan terintegrasi, demikian juga perumusan mekanisme monitoring evaluasi dan pelaporan Pokjanal Posyandu.

“Jadi dalam memecahkan masalah itu kita identifikasi dulu persoalannya kemudian dicari alternatif tindak lanjutnya dan pilih alternatif yang realistis kita lakukan sehingga Pokjanal Posyandu benar-benar beri kontribusi nyata dalam meningkatkan derajat kesehatan,” tutup Ya’atulo.

Penulis: DonniEditor: RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.