Semarak Hut Kemerdekaan R.I Ke-78, Tahanan Rutan Polres Blitar Kota Semangat Ikuti Lomba 17 Agustus

IMG 20230817 WA0071

Geraknews.com//Blitar,Puluhan tahanan Polres Blitar Kota Polda Jawa Timur mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Meski dalam pengawasan ketat, mereka tampak tetap bersemangat dalam mengikuti lomba yang digelar di komplek tahanan.

Rangkaian kegiatan HUT RI ini digelar Kamis (17/8/2023) pagi. Diawali dengan kunjungan para perwira Polres Blitar Kota, mulai dari Kapolres AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K dan PJU Polres Blitar Kota. Kegiatan diisi juga dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada tahanan tertua.

Walaupun hanya lomba makan kerupuk, Gelak tawa para tahanan dan anggota Polres Blitar Kota pun pecah selama lomba berlangsung.

Banyak tingkah lucu para tahanan saat mengikuti lomba dan tingkah lucu ini menjadi hiburan tersendiri bagi teman sesama tahanan dan anggota Polres Blitar Kota yang menonton.

Sejumlah tahanan mengaku senang dan gembira bisa ikut memeriahkan peringatan HUT ke-78 RI hari ini.

“Kami sebagai Warga Negara Republik Indonesia yang saat ini berada di Polres Blitar Kota mengucapkan Selamat memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-78. Kepada Kapolres saya sangat terima kasih yang sudah merayakan HUT RI bersama para tahanan disini,” kata salah seorang tahanan yang sering disapa mbah Lurah (35)

Sementara Kapolres Blitar Kota, AKBP Danang Setiyo menjelaskan, meski mereka statusnya sebagai tahanan, tapi mereka juga bangsa Indonesia. Hanya saja saat ini belum beruntung karena berada di ruang tahanan.

“Kita beri perhatian pada mereka agar mereka bisa merayakan semarak ulang tahun RI ke-78 ini meski dalam tahanan,” ujar AKPB Danang

AKBP Danang berharap, dengan rasa empati yang diberikan bisa menumbuhkan kesadaran mereka. Sehingga setelah menjalani hukuman mereka tidak akan mengulang kembali perbuatannya.

“Dengan Semarak Lomba Hut RI ke-78 ini biar mereka bisa merasakan dan memaknai arti kemerdekaan. Kepada saudara-saudara yang di sini, saya minta supaya setelah menjalani hukuman, bisa kembali ke masyarakat dan jangan lagi kembali ke ruang tahanan ini lagi,” pesan AKBP Danang

Saat ini, jumlah tahanan yang saat ini mendekam di Polres Blitar Kota sebanyak 22 orang laki laki dan 3 orang perempuan. Mereka ini terlibat sejumlah kasus mulai pencurian kendaraan bermotor, penipuan, penggelapan dan narkoba

Sebelum merayakan Lomba 17 Agustus bersama tahanan Polres Blitar Kota juga menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-78.

Mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, upacara dipimpin langsung Oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K dengan dihadiri seluruh Pejabat Utama (PJU) dan personel Polres Blitar Kota.

Penulis: RedEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.