Puncak Hari Jadi Kab. Tulungagung ke 817 , Pemkab Gelar Bersih Nagari

IMG 20221120 WA0086

Geraknews.com//Tulungagung,Selasa 22/11/2022  Ada yang beda di acara puncak Hari Jadi ke 817 Kabupaten Tulungagung, selain menggelar upacara tradisi Bersih Nagari, juga kedatangan Tamu Istimewa yaitu Miss Universe dari Negara Swiss, Alia Guindi beserta rombongan bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Jumat, (18/11/2022).

Dalam mengawali upacara Bersih Nagari tersebut, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo bersama Wakil Bupati Gatut Sunu Wibowo dan Forkopimda Tulungagung, Kepala OPD, Camat yang mengenakan pakaian adat jawa berwana kuning keemasan menaiki delman berangkat dari halaman Pemkab menuju Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Kemudian kemudian disusul barisan yang mengenakan pakaian prajurit kerajaan membawa pataka lambang Kabupaten Tulungagung dengan diiringi putri serta dayang keraton.

Seperti biasanya ada 2 (Dua) tumpeng besar yakni tumpeng lanang berupa gunungan nasi kuning lengkap lauk pauk dan tumpeng wadon berupa hasil bumi berbagai jenis sayur sayuran dan buah buahan yang juga ikut diarak menuju kedalam Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

Sesampainya di pintu gerbang pendopo, rombongan Bupati, Wabup, Forkopimda, kepala OPD sarimbit para berjalan menuju Pendopo dengan diiringi tari reyog kendang kesenian asli khas Kabupaten Tulungagung.

Dalam sambutannya Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM, menyampaikan, Bahwa Bersih Nagari merupakan rangkaian kegiatan memperingati hari jadi ke 817 Kabupaten Tulungagung yang sekaligus Bupati juga memperkenalkan Miss Universe dari Switzerland yang merupakan tamu kehormatan (spesial) di acara peringatan Hari jadi Kabupaten Tulungagung, serta mengapresiasi dengan hadirnya Miss Universe bersama rombongan, dan itu karena adanya peran serta tokoh muda dari Tulungagung yang telah menjadi pengusaha sukses di Negara Swiss.

Dalam kesempatan itu Miss Universe juga ikut memperagakan Tarian Tradisional yang di iringi oleh puluhan penari Reog Kendang.

“Tentunya ini sangat luar biasa, dan nantinya kami harapkan bisa membantu para IKM, UKM Tulungagung dalam memasarkan produknya ke luar negeri,” ucap Bupati.

Untuk itu Bupati atas nama Pemkab Tulungagung mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung atas terselenggaranya Bersih Nagari kali ini.

Dengan memperkenalkan produk UKM, pariwisata, seni maupun budaya Tulungagung Bupati berharap kedepannya juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya Tulungagung.

“Kedepannya, Kabupaten Tulungagung dapat diperkenalkan agar bisa terkenal di kancah internasional,” harapnya.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan, pada Hari jadi ke 817 ini mengusung tema “Dengan Peringatan Hari Jadi Kita Wujudkan Kabupaten Tulungagung Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

“Mari kita kerukunan serta sinergitas, utamanya dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi. Dan mari kita bersama bahu membahu gotong royong membangun Kabupaten Tulungagung demi terwujudnya Kabupaten Tulungagung yang “Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto,” pungkas Bupati.

Upacara Bersih Nagari yang digelar pada pagi hari tersebut juga dihadiri oleh Wali Kota Kediri, Mas Abu juga dihadiri oleh Kepala OPD Pemkab Tulungagung serta Tokoh Masyarakat Tulungagung.

Penulis: YdEditor: Yd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.