Berita  

Puncak Festival Durian Sumberasri,Ini Harapan Bupati Blitar

IMG 20230212 WA0096

GERAKNEWS.COM || BLITAR –Bupati Blitar Rini Syarifah berharap produksi durian di Kabupaten Blitar semakin meningkat dan bisa diolah menjadi aneka makan olahan, seperti kue, dodol, dan lain sebagainya.

Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan selamat datang Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, pada acara puncak Festival Durian di Sumberasri Nglegok Blitar, Minggu (12/2/2023) siang.

Menurut Bupati Rini, Kabupaten Blitar merupakan satu diantara Kab/Kota di Jawa Timur yang mengandalkan hasil pertanian, yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

“Selain padi, jagung, lombok Kabupaten Blitar juga sebagai sentra buah durian,” ungkapnya.

Masih Bupati, tahun 2022 luas lahan tanaman durian mencapai 133 hektare dengan jumlah pohon 13.327 pohon dan dalam satu tahun produksinya mencapai 143.562 kwintal.

“Kami berharap Festival durian, manggis dan kopi ini bisa berkelanjutan menjadi salah satu icon bagi Kabupaten Blitar khususnya Desa Sumberasri atau bisa menjadi destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi,” imbuhnya.IMG 20230212 WA0098

Sementara Gubernur Khofifah Indar Parawansa berharap kepada petani durian di Desa Sumberasri, bahwa seluruh potensi holtikultur untuk bisa meningkatkan nilai tambahnya, termasuk bagaimana hilirisasinya.

“Terima kasih kepada Kepala Desa Sumberasri yang telah menginisiasi atas terselenggaranya festival ini dan akan menjadikan desa ini sebagai desa wisata dan Pemprov Jatim akan mensupport dan memberikan manfaat dari seluruh potensi desa Sumberasri,”pungkasnya.

Pada kesempatan itu,Kepala desa Sumberasri Seniadi yang juga sebagai penanggung jawab kegiatan dalam sambutannya mengatakan, ucapan selamat datang dan terimakasih kepada Gubernur Jatim serta Bupati Blitar yang telah berkenan hadir pada puncak acara festival durian ini.

Pihaknya juga sampaikan
festival dilaksanakan oleh warga desa Sumberasri sebagai bentuk syukur kepada Tuhan YME,atas rahmat yang diberikan.

“Festival Durian Blitar mulai dilaksanakan dari tanggal 10-12 Februari. Ini merupakan festival rutin yang diadakan setiap tahun, dan tahun ini sangat meriah dan berkesan karena dihadiri gubernur. Selain itu kami juga ucapkan terimakasih kepada Pemkab Blitar,”ujarnya.

Sebagai informasi,pada akhir acara dilaksanakan mengarak tumpeng durian setinggi dua meter. Pada pelaksanaan kegiatan ini selama tiga hari dari tanggal 10 -12 juga dibuka pelayanan masyarakat salah satunya pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Dispenduk Kabupaten Blitar. Tetap Selalu Menjaga Prokes 6 M. (JK/Red-Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.