Puncak Acara Bersih Desa Pojok Gelar Seni Budaya dan Tasyakuran

IMG 20220606 WA0136

Blitar,Geraknews.com

Gelar Ritual Bersih Desa, sebagai salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai momentum kebangkitan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Masyarakat Desa Pojok, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, menggelar acara puncak dengan mengadakan pagelaran Lengan Beksan Tayub, bertempat di Balai Desa,senin (6/6/2022).

Acara puncak bersih desa dihadiri oleh Muspika Kecamatan Ponggok, tokoh masyarakat dan juga masyarakat desa.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Pojok Wiyoko, saat acara sakral itu digelar.Bersih desa ini merupakan budaya dan adat istiadat Desa Pojok, sebagai wujud rasa syukur atas limpahan rahmat dan hidayah Tuhan YME sehingga desa serta warganya diberikan kemakmuran.“Bisa hidup adem, ayem dan tentrem, setelah digelarnya bersih desa ini,”kata Wiyoko.

Wiyoko melanjutkan, sebelum puncak acara ini, Beberap ritual juga sudah dilakukan sebelumnya, diantaranya membersihkan lingkungan desa secara kerja bhakti. Kemudian ruwatan dan kegiatan tahlil. “Dengan dukungan berbagai pihak lintas agama yakni Islam, Hindu dan Kristen.Termasuk dana, baik dari desa maupun swadaya masyarakat agar bersih desa bisa sukses,” bebernya.

Terkhir Wiyoko juga mengingatkan warganya terkait Covid-19 yang memang sudah reda tapi belum usai, termasuk Hepatitis misterius yang menyerang usia 10 tahun kebawah. “Maka warga desanya diminta untuk tetap prokes dan menerapkan pola hidup sehat, dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing,”pungkasnya.

Penulis: Joko Editor: RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.