Pemkab Nias Raih Penghargaan Terbaik II Laporan Narasi Penurunan Stunting di Sumut

IMG 20230731 WA0006

 

GERAKNEWS.COM / / SAMOSIR

Pemerintah Kabupaten Nias terima penghargaan terbaik II (dua) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara atas laporan narasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Semester I (satu) dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tahun 2023.

Piagam penghargaan itu diserahkan langsung Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kepada Wakil Bupati Nias Arota Lase, Sabtu (29/7/2023), bertempat di Desa Lumban Suhi-suhi, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Gubernur mengatakan, Harganas jangan hanya sekadar memberikan kesan “Perayaan” semata. Namun perlu ada penekanan pada perbaikan kondisi keluarga di Indonesia, khususnya Sumut.

Sedangkan terkait tema peringatan Harganas tahun 2023 yaitu, “Menuju Keluarga Bebas Stunting Untuk Indonesia Maju”, Gubernur menekankan dan mendorong agar pemerintah kabupaten/kota lebih serius dalam hal penurunan angka stunting di daerah masing-masing.

Penurunan angka berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 itu, kata Gubernur, menerangkan bahwa angka prevalensi atau jumlah kasus stunting di Sumut berhasil turun 4,7% menjadi 21,1%. Sebelumnya di tahun 2021 prevalensi stunting tercatat 25,8%.

Penurunan stunting tersebut erat kaitannya dengan kondisi kesejahteraan masyarakat, terutama di kawasan pedesaan, yang diperkirakan masih menyisakan masalah stunting.

Untuk itu pula, Gubernur mengingatkan kembali bahwa program Membangun Desa Menata Kota menjadi slogan yang di antaranya mengartikan bahwa sumber utama pangan ada di pedesaan dan harus bisa maju.

Penulis: DonniEditor: RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.