Pastikan Tidak Ada Jasa Calo dan Pungli, Kasat Lantas Sidak Samsat Kota Kediri

IMG 20231127 WA0022

AKP Andhini Puspa Nugraha melaksanakan kegiatan sidak

GERAKNEWS.COM || KEDIRI KOTA –
Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Kediri Kota, AKP Andhini Puspa Nugraha melaksanakan kegiatan sidak di Kantor Bersama (KB) Samsat Kota Kediri pada Sabtu (25/11/2023). Sidak itu dilaksanakan untuk memastikan bahwa pelayanan di Samsat bebas pungutan liar (pungli) dan tidak ada calo.

Dalam sidaknya, AKP Andhini juga melakukan pemeriksaan setiap ruangan-ruangan pelayanan yang ada di samsat hingga mengobrol dengan masyarakat yang sedang mengurus administrasi.

“Hari ini kami melakukan sidak pelaksanaan tugas anggota Samsat di semua Pokja yang ada di Polres Kediri Kota,” ujar Kasat Lantas Polres Kediri Kota, AKP Andhini Puspa Nugraha.

AKP Andhini menuturkan, tujuan adanya sidak tersebut untuk memastikan bahwa tidak ada biro jasa atau calo yang berkeliaran untuk menawarkan jasa maupun mempermudah proses pembayaran pajak tersebut bukan dari anggota Polri. Bilamana suatu hari ditemukan ada anggota melakukan hal tersebut, pihaknya akan mengambil tindakan tegas agar menjadi efek jera sekaligus menjadi koreksi untuk anggota lainnya.

Sedangkan, bagi masyarakat mengalami kesulitan atau kebingungan dalam mengurus proses persyaratan maupun lainnya, bisa menanyakan kepada petugas informasi sehingga nantinya akan diberikan petunjuk.

“Disini (Samsat) ada juga banner-banner imbauan dan peraturan sudah kami tempelkan di masing-masing loket,” ucapnya.

Lanjut disampaikan AKP Andhini, pihaknya juga berkoordinasi dan meminta bantuan kepada Bappenda mengenai kekurangan fasilitas tenda untuk cek fisik kendaraan karena seperti diketahui untuk saat ini memasuki musim penghujan sehingga harus segera dilengkapi.

“Selama ini cek fisik kendaraan dilakukan di halaman parkir terbuka, kalau hujan nanti kita akan mengalami kendala,” tuturnya.

Sementara itu, Novi, salah satu warga mengurus perpanjangan tahunan menyebut, pelayanan yang ada di Samsat Kediri Kota ini berjalan dengan cepat dan ditangani oleh petugas mulai dari melengkapi berkas persyaratan berkas, cek fisik, dan tidak bertele-tele. Perempuan berkerudung itu juga memastikan bahwa tidak ada pungutan atau jasa calo apapun yang ada di samsat ini.

“Ini tadi kan antriannya agak sepi, jadi cepat banget dan tidak pakai lama. Pada intinya pelayanannya sudah baik dan harus ditingkatkan lagi,” harapnya.

Jurnalis: Su’ud/Hamzah
Narasumber: Humas Polres Kota Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.