Nenek renta asal Desa Gendong-lamongan belum mendapat Bantuan Pemerintah.

IMG 20221126 WA0088

Geraknews.com//Lamongan Senin 28/11/2022 Dari sekian banyak bantuan dari Pemerintah Pusat, Aminah (60) dan Musiyu (80) seorang nenek renta warga RT 01 RW 05, Desa gendong kulon, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan tidak pernah mendapatkan bantuan, apakah memang disengaja atau memang kurang tepat sasaran sehingga bantuan dari pemerintah tidak pernah sampai kepadanya. Padahal dari Pemerintah Desa sudah berupaya bahkan berkali-kali mengajukan bantuan kepada Pemerintah melalui Dinas Sosial Kabupaten Lamongan.

Menurut informasi yang di peroleh bahwa selama ini nenek tersebut sekalipun tidak pernah mendapatkan bantuan apapun semisal, KPM, PKH, BBM, BPNT, dan lain lain. Padahal kondisi nenek tersebut benar-benar tidak mampu dan kondisi perekonomiannya sangat memprihatinkan.

Bantuan dari Pemerintah Pusat memang dibutuhkan bagi warga yang tidak mampu. Tetapi kenyataannya banyak orang mampu justru malah mendapatkan bantuan tersebut.

Saat mengkonfirmasi l Aminah mengatakan bahwa selama ini tidak dapat menerima bantuan apapun dari Pemerintah Pusat.

“Setiap ada bantuan saya tidak pernah dapat dari dulu sampai sekarang,” ucapnya sambil meneteskan air mata.

Di tempat terpisah Karlan Kepala Desa Gendong Kulon, Kecamatan Babat, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, bukan hanya di alami nenek Aminah saja, melainkan warga lain yang kondisi perekonomiannya sangat memprihatinkan banyak yang tidak mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Sebelumnya memang pernah mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat namun seiring berjalannya waktu, tiba-tiba tidak bisa di geser atau tidak menerima lagi.

Kami selaku pemerintah Desa pun bingung tidak bisa membantu banyak soalnya penerima bantuan dari Dana Desa sudah di ketok awal tahun 2022,” ucapnya.

Bantuan dari Pemerintah Pusat disalurkan kepada warga yang kurang mampu melalui kantor Pos. Akan tetapi sebelum warga menerima bantuan tersebut, petugas pendamping PKH yang melakukan pendataan seharusnya mengkontrol dan memastikan mana yang layak dan mana yang tidak layak menerima bantuan,sehingga dengan demikian, bantuan dari Pemerintah Pusat penyalurannya benar-benar tepat sasaran.

 

Adanya warga yang belum mendapat bantuan dari pemerintah mendapat sorotan dari lsm gerakindonesia.

Basuki Ketua Divisi Hukum Lsm Gerak Indonesia, mengatakan bantuan sosial untuk masyarakat yang berperan aktif adalah pemerintah setempat yaitu Desa, seharusnya bertindak cepat, mengajukan kedinas sosial, Pemdes harus berperan aktik terkait bantuan sosial,karena banyak banget bantuan pemerintah untuk masyarakat antara lain.

1. Program Sembako & PKH

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau program sembako dan PKH dipastikan akan diberikan pada bulan ini. Bantuan ini akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

BPNT yang diberikan nilainya mencapai Rp 200 ribu per bulan untuk tiap KPM. Sementara untuk PKH, diberikan kepada KPM yang memiliki kriteria tertentu yaitu, keluarga yang memiliki ibu hamil/balita akan menerima bantuan Rp 3 juta per tahun.
!

Kemudian, PKH untuk keluarga yang memiliki anak SD menerima Rp 900 ribu per tahun, anak SMP Rp 1,5 juta dan anak SMA Rp 2 juta per bulan.

Jika di keluarga tersebut ada penyandang disabilitas/lansia, maka bansos PKH yang diterima adalah Rp 2,4 juta.

Apabila suatu keluarga memiliki 2 anak SD, maka bantuan sosial/bansos PKH yang diberikan berlipat ganda, yakni Rp 900 ribu ditambah Rp 900 ribu menjadi Rp 1,8 juta per tahun.

2. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Pemerintah akan menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap IV mulai awal pekan ini. Masyarakat dapat mengecek penerima BSU tahap IV melalui laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Pemerintah melalui otoritas ketenagakerjaan pada hari ini akan mencairkan BSU atau bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu kepada 1,53 juta pekerja dengan penghasilan maksimal Rp 3,5 juta per bulan pungkas Basuki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.