Penambang Liar Di Sepanjang Aliran Sungai Brantas Di Kabupaten Tulungagung Terkesan Kesampingkan adanya APH.

Picsart 23 11 27 08 56 09 383

Geraknews.com//Tulungagung, Senin 27/11/2023 Aktivitas penambangan pasir dengan mesin diesel berkapasitas besar disepanjang Aliran Sungai Brantas Kabupaten Tulungagung terus menggeliat seakan mengesampingkan adanya Aparat Penegak Hukum Dan Aparat Penegak Perda Kabupaten Tulungagung.

Hal tersebut menjadi perhatian tersendiri dari aktivis penggiat sosial yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Rakyat Anti Korupsi Indonesia Atau yang lebih dikenal dengan LSM Gerak Indonesia.

LSM Gerak Indonesia mendorong aparat penegak hukum (APH) untuk bertindak nyata karena aktivitas penambangan pasir ilegal itu merusak alam dan dikhawatirkan bisa berpotensi merusak alam.

“Kami minta pemkab Tulungagung dan aparat penegak hukum Polres Tulungagung-Polda Jatim menindaklanjuti serius informasi kami terkait penambangan pasir ilegal itu,” terang Bagus Riyono Kepala Bidang Penegakan Hukum LSM Gerak Indonesia.

Bagus menyebut, Ada kaitan erat antara kerusakan bantaran sungai brantas Dikabupaten Tulungagung dengan aktivitas penyedotan pasir liar.

 Pengerukan yang dilakukan secara ilegal apalagi merusak lingkungan, maka tanggung jawab kepolisian untuk menindak tegas.

IMG 20231118 WA00881
Lapor Pak Kapolres Tulungagung-Lapor Pak Bupati Tulungagung.

”Sudah jelas diatur dalam Undang-undang, jika melakukan kegiatan pertambangan secara ilegal bisa dijerat pidana,” bebernya.

Bagus juga menyinggung pendapatan daerah dari sektor aktivitas pertambangan liar tersebut pasti tidak ada, akan tetapi dampaknya pasti ada, rusaknya jalan juga diduga imbas dari Truk Pengangkut hasil sedotan Pasir Liar tersebut.

Di Aliran Sungai Brantas diKabupaten tulungagung terdapat puluhan titik kegiatan sedotan pasir liar.

Disepanjang aliran Sungai Brantas Di Kecamatan Rejotangan-Kecamatan Ngunut- Kecamatan Kedungwaru-Kecamatan Ngantru terlihat puluhan diesel penyedot pasir.

Dari banyaknya kegiatan sedotan Pasir, kita bisa menganalisa berapa dampak-dampak kerusakan lingkungan akibat aktivitas sedotan pasir liar  tersebut ”Misal dampak kerusakan jalan, irigasi pertanian dan lain-lain.

Kami meminta Pemkab Tulungagung dan Polres Tulungagung cepat bertindak terkait permasalahan ini, jangan sampai masyarakat beropini liar adanya pembiaran sedotan Pasir liar Kabupaten Tulungagung tandasnya.

Sampai berita ini dinaikkan pihak terkait belum bisa dikonfirmasi.

 

 

 

Penulis: Ag/cekEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.