Kurangnya Transparansi Pengelolaan Dana BOS Di SMK/SMA Sebener Meriah,Jadi Sorotan LSM Gerak Indonesia. 

IMG 20231031 WA0085

Geraknews.com//BenerMeriahRabu,01/11/2023 Berkembangnya informasi miring terkait penggunaan Biaya Operasional Sekolah (BOS) di Lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bener Meriah yang menaungi SMA, SMK  sebener meriah menjadi topik hangat perbincangan.

Informasi yang didapat oleh media ini beberapa sekolah pada akhir Bulan September 2023 masih  ada sebagian Sekolah belum memasang pengumuman Penggunaan Dana BOS,Bahkan saat di tanya kepada beberapa guru disekolah, mereka tidak tau sama sekali tentang pengelolaan anggaran  Dana BOS.

Bahkan salah seorang Guru yang enggan disebutkan Namanya mengatakan bahwa “Gelahta bagi Rata renye pake a,kati cuge e mangan rara ni neraka” ( Biarin aja Mereka Bagi Rata, Biar mereka merasakan Memakan Api Neraka ), “Cogah mu Kepung nos laporen neba” ( Banyak bohongnya dalam membuat Laporan sebagian ) ucapnya.

Seperti diketahui bahwa Cabang Dinas Pendidikan sudah mengeluarkan Intruksi nomor 421/0.1/1000/2023 tanggal 2 Oktober 2023, yang di tanda tangani oleh Mustafa Abdi, tentang Pemberitahuan Tata Kelola Satuan Pendidikan, terutama pada salah satu poinnya memperjelas  tentang transparansi penggunaan dana sekolah.

Sementara itu Rendy Zulfikar, SH Kepala Bidang Advokasi LSM Gerak Indonesia mengatakan:

Kami mendapat informasi hingga saat ini masih ada beberapa sekolah yang enggan memajang informasi dan Realisasi dana BOS di sekolah. 

Ini tentu memunculkan tanda tanya tentang penggunaan dana sekolah di bawah naungan Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah beberapa tahun belakangan ini.

Sesuai Undang undang keterbukaann Informasi Publik no 14 tahun 2008 diterangkan bahwa pengelolaan anggaran negara yang dikelola badan Publik harus Transparan termasuk Pengelolaan Dana BOS di tingkat SLTA, SMK dan SLB.

“Kementerian Pendidikan Nasional sebetulnya sudah memerintahkan transparansi Pengelolaan dan penyaluran dana BOS ke sekolah-sekolah di Tanah Air.

Kami juga mendapat Informasi mengenai penggunaan BOS ini hanya boleh diketahui oleh kepala sekolah dan bendahara sekolah. Bahkan dari informasi yang kami terima katanya Guru datang ke sekolah hanya untuk mengajar dan jangan cari kesibukan dengan penggunaan atau realisasi Dana BOS..

Setiap warga negara indonesia juga berhak mengetahui penggunaan dana BOS tersebut dengan menanyakan kepada pihak sekolah, walaupun hal ini seringkali diabaikan. 

Harapan kami kepada Aparat Penegak Hukum Kejaksaan Negeri Kabupaten Bener Meriah, untuk melakukan penyelidikan terhadap pertanggung jawaban Dana BOS dari Tahun 2021 sampai tahun 2022 di sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Cabdin Bener Meriah karena tidak ada transparansi pengelolaan BOS di SMA/SMK sebener meriah.

Sampai berita ini dinaikkan, pihak  Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bener Meriah belum bisa dikonfirmasi.

Penulis: RahmanEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.