Kepala Desa Terpilih Periode 2022-2028 Ikuti Pembekalan, Ini Harapan Bupati Nias

IMG 20230325 WA0001

 

GERAKNEWS.COM// NIAS

Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Sosial PMDP2A mengadakan pembekalan bagi para Kepala Desa terpilih periode 2022-2028, bertempat di gedung Paroki Kristus Raja Gido, Desa Hiliweto Gido, Kecamatan Gido, Jumat (24/3/2023).

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias, Sabayuti Gulo yang juga Ketua APDESI Kabupaten Nias menghimbau para kepala desa terpilih untuk menjalankan roda pemerintahan desa sesuai dengan regulasi yang ada.

“Selamat dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pembekalan ini, saya harap sekretaris desa juga bisa diberi pembekalan terkait PERDES, administrasi maupun yang bersifat teknis agar ke depannya menjadi lebih baik,” imbuh Sabayuti.

Sementara itu, Bupati Nias Ya’atulo Gulo dalam arahan dan bimbingan mengajak para kepala desa terpilih untuk melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan sumpah janji yang telah diucapkan saat pelantikan.

“Jalankan otonomi desa sesuai perannya serta sesuai dengan peraturan desa yang berlaku, pemahaman dan kepatuhan akan ketentuan serta aturan perundang-undangan harus menjadi landasan bekerja dalam menjalankan pemerintahan di desa, agar terhidar dari masalah,” ucap Bupati Nias.

Ia mengatakan, kepala desa harus memahami aturan yang berlaku, dibarengi dengan mengelola sumber daya manusia yang kompeten, memiliki kemampuan dan akuntabel.

Menurutnya, tantangan ke depan adalah memastikan dana desa dapat dialokasikan dengan tepat, perbaikan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat serta menggali potensi desa sehingga mampu meningkatkan daya saing desa agar perekonomian masyarakat di desa dapat meningkat.

Ya’atulo berpesan, kepala desa terpilih harus mempersiapkan dokumen aset desa sehingga jika suatu saat BPK dan Inspektorat turun ke desa, dapat dipertanggungjawabkan serta menyelesaikan masalah di desa.

Penulis: Donni HagaEditor: RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.