Kapolsek Sukodono Dampingi Wabub Meninjau Normalisasi Sungai Curah Menjangan

IMG 20220423 WA0082 1

GERAKNEWS.COM || LUMAJANG – Kapolsek Sukodono AKP Edi Santoso, S.H, mendampingi Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati meninjau langsung proses pelaksanaan normalisasi aliran sungai curah Menjangan Di Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono. Jumat (23/04/2022)

Dalam kesempatan itu Bunda Indah mengatakan normalisasi di aliran sungai tersebut memang harus dilakukan mengingat diarea tersebut apabila terjadi hujan sering mengakibatkan banjir yang meluap sampai ke pemukiman warga.

Bahkan banjir yang terjadi pada Kamis (21/04/2022) lalu, merendam ratusan rumah warga di Dusun Krajan Dua, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono. Menyebabkan sejumlah warga terpaksa harus diungsikan

Kejadian tersebut disebabkan karena adanya penyempitan dan pendangkalan sungai. Sehingga volume air tidak dapat tertampung oleh sungai secara keseluruhan.

” Ini sudah bertahun tahun tidak dilakukan normalisasi sehingga terjadi penyempitan dan pendangkalan sungai . Dari lebar normal 15 m dari hulu ke hilir semakin lama semakin menyempit hingga menyisakan luasan hanya sekitar 7 meter.,” Jelas Bunda Indah.

Dengan kondisi tersebut di area Perumahan Biting, Desa Keturenon, Desa selok Besuki dan beberapa wilayah lain di Kecamatan Sukodono seringkali menjadi langganan banjir setiap kali terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Dengan adanya penyempitan dan pendangkalan sungai curah Menjangan, mennyebabkan sungai curah Menjangan tidak bisa menampung debit air hingga menyebabkan luapan,” tambahnya

Untuk mengatasi permasalah tersebut, pihaknya sudah melakukan upaya koordinasi dengan Dinas PU Sumber adaya Air Provinsi Jatim untuk melakukan normalisasi sungai dengan melakukan pengerukan ditempat penyempitan dan pendangkalan yang terjadi disepanjang aliran sungai Curah Menjangan.

‘Mudah mudahan ini salah satu solusi yang terbaik sehingga warga di perumahan Biting desa kitorenon , Selok besuki dan Sukodono agar tidak kebanjiran lagi,” jelasnya

Sementara itu Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, S.I.K,. M.H. melalui Kapolsek Sukodono AKP Edi Santoso, S.H. sudah melaksanakan pemantauan debut air serta pengamanan di lokasi pengerukan disepanjang aliran sungai Curah Menjangan.

” Kami tetap mengimbau kepada warga untuk tetap berhati hati utamanya bagi warga yang rumahnya berada di sekitar bantaran sungai maupun daerah yang sering terdampak banjir agar lebih waspada,” tutup Kapolsek Sukodono AKP Edi Santoso, S.H.

Pewarta : Imin/Humas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.