Bunda Naumi Ingatkan “Tribrata Polri” Hukum Harus Ditegakkan. 

IMG 20231026 WA0091

geraknews.com//Jakarta,Kamis 26/10/2023    Tak bisa kita pungkiri, dalam setiap pekerjaan besar ataupun kecil tentunya masing-masing mempunyai resiko, dan hal tersebut sangatlah harus kita fahami resiko apa yang ada pada sebuah profesi kita.

Jurnalis yang sering juga disebut PERS adalah Pilar ke empat di negara ini, yang mana harus betul-betul menjadi corong masyarakat, dan harus berani bersuara dalam mengungkap fakta serta data dan sumber lengkap guna membuat sebuah berita.

Bekerja menjadi seorang Jurnalis alias Wartawan tentunya haruslah dengan cara profesional dalam mencari dan mengcover berita-berita penting yang layak dimuat untuk publik.

Namun, seorang Wartawan selaku pencari berita tentu tidak hanya sekadar tahu menulis dan melaporkan suatu kejadian saja.

Karena lebih daripada itu, wartawan adalah penyambung aspirasi masyarakat. Maka dari itu haruslah paham kode etik jurnalistik tentang keakuratan berita, privasi narasumber, pengujian informasi, hak narasumber, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya tidak ada pekerjaan yang mudah. Begitu juga jadi seorang wartawan, selain dibutuhkan keberanian, jadi wartawan juga butuh komitmen dan passion untuk menyalurkan berita yang akurat dan layak dikonsumsi masyarakat luas.

Menjadi seorang Wartawan tidaklah gampang, dimana dalam menjalankan tugasnya kita harus betul-betul mengacu kepada UU pokok Pers No. 40 Tahun 1999 serta kode etik jurnalistik.

Wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik dengan baik dan benar.

Sedangkan Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi :

mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi. Baik itu dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Jadi tugas pokok seorang jurnalis hanyalah menulis dan menulis.

Akan tetapi seringkali wartawan dalam menjalankan tugasnya, wartawan kerap kali mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan baik secara nyata maupun dimedia sosial, sering terjadi adalah kasus penghinaan atau pencemaran nama baik  media sosial internet.

Seperti yang dialami oleh Moh. rifa’i pimpinan Redaksi Media geraknews.com  saat mengunggah berita menyoroti adanya tambang liar diwilkum Polres Kota Blitar mendapat Komentar miring dari mantan Pekerja tambang liar.

Hal tersebut menjadi perhatian khusus dari Jeny Claudia Lumowa atau yang lebih dikenal dengan panggilan Bunda Naumi, sosok aktivis senior yang melalang lintang di indonesia.

Bunda Naumi menegaskan Profesi Wartawan adalah Profesi mulia, wartawan adalah mitra TNI, Kepolisian, Pemerintahan.

Siapapun yang menghina profesi wartawan itu harus ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

Jika wartawan menyampaikan  hal yang sebenarnya kenapa harus takut dan memusuhi wartawan.

Saya meminta Kapolri, Buyarkan tambang liar itu diwilayah Hukum Polres Kota Blitar, sudah jelas jelas tambang liar adalah bentuk pelanggaran kenapa ini dibiarkan.

Indonesia punya aturan yang telah tercantum dalam undang undang tentang pertambangan.

Polisi harus bisa bertindak tegas atas dasar hukum yang berlaku, jika polisi setempat   tidak memberikan tindakan tegas kepelaku penambangan liar, ada apa dengan polisi tersebut apa mereka lupa TRIBRATA POLRI.

Apakah kami perlu mengingatkan TRIBRATA Polri.

KAMI POLISI INDONESIA :

Berbakti kepada nusa dan bangsa dengan penuh ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.

Menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kemanusiaan dalam menegakkan hukum negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945.

Senantiasa melindungi, mengayomi Dan melayani masyarakat dengan keikhlasan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.

Sesuai Tribrata Polri Tegakkan hukum setegak-tegaknya tegasnya.

Penulis: CekEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.