LSM Gerak Indonesia Warning Satuan Pendidikan “Jangan Ada Lagi Penahanan Ijazah.

Picsart 23 10 23 11 01 35 273

Geraknews.com//Kediri,Senin, 23/10/2023 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 1 angka 10 yang dimaksud dengan Satuan pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.

Kita tahu bahwa ijazah merupakan sertifikat pengakuan atas prestasi belajar dan kelulusan dari suatu jenjang pendidikan formal atau pendidikan nonformal.

Ijazah pendidikan formal diberikan kepada peserta didik yang telah lulus dari satuan pendidikan.

Sedangkan ijazah pada pendidikan nonformal diberikan kepada peserta didik yang telah lulus dari program pendidikan kesetaraan.

Tapi sangat disayangkan  masih adanya sekolah  yang di menahan ijazah, seperti halnya yang diduga terjadi diSMAN 1 Grogol Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur.

Salah satu alumni SMAN 1 Grogol, Sebut saja Alexandria (nama samaran) dikonfirmasi awak media ini mengatakan “karena saya mempunyai tunggakan, ijazah saya tidak boleh diambil jelasnya singkat. 

Adanya Sekolah yang diduga menahan Ijazah alumninya menjadi sorotan LSM Gerak Indonesia.

Jemies Ahmed C Ketua Satuan Kepemudaan  Gerak Indonesia mengatakan Saya tertarik menyampaikan hal ini, karena ternyata sampai saat ini penahanan ijazah oleh satuan pendidikan atau pihak sekolah masih terjadi, sehingga hal ini dapat merugikan siswa atau peserta didik yang ijazahnya ditahan.

Terkait dengan penahanan ijazah oleh satuan Pendidikan, pada Pasal 7 ayat (8) Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2020 tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blanko Ijazah Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Pada Pasal 7 ayat (8) dikatakan “satuan Pendidikan dan dinas Pendidikan tidak diperkenankan untuk menahan atau tidak memberikan ijazah kepada pemilik ijazah yang sah dengan alasan apapun”.

Jemies menambahkan Dari peraturan ini jelas bahwa pihak sekolah dilarang menahan ijazah siswa atau ijazah peserta didik dengan alasan apapun. Alasan apapun ini bisa karena belum membayar iuran sekolah, belum membayar spp, belum membayar sisa uang ujian, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa ketika peserta didik dinyatakan lulus dari satuan Pendidikan formal atau lulus dari program Pendidikan nonformal atau pendidikan kesetaraan, maka peserta didik berhak menerima ijazah sebagai pengakuan atas prestasi belajar dan kelulusan dari suatu jenjang Pendidikan formal atau Pendidikan nonformal.

Tujuan penerbitan ijazah berdasarkan Pasal 2 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 tahun 2017 tentang Ijazah dan Sertifkasi Hasil Ujian Nasioal, pada Pasal 2 dikatakan penerbitan ijazah bertujuan untuk memberikan pengakuan atas perolehan prestasi belajar dan penyelesaian suatu jenjang Pendidikan kepada peserta didik setelah lulus dari satuan Pendidikan.

Jadi kami meminta Kepada Dinas Cabang Dinas  Pendidikan Wilayah Kediri, untuk menyelesaikan permasalahan, atau kami  mengambil langkah langkah yang kami anggap diperlukan,  karena suatu tindakan pelanggaran ham apabila benar terjadi penahanan Ijazah apapun alasannya pungkasnya.

Melalui sambungan Whatssap Kepala Sekolah SMAN 1 Grogol dikonfirmasi hal tersebut enggan memberikan jawaban. 

Penulis: Cek/AgEditor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.