Daerah  

Bupati Nias Berharap Pendamping Profesional Dapat Meningkatkan Kualitas Pembangunan Desa

IMG 20230210 WA0018

 

GERAKNEWS.COM//NIAS//10/02/2023

Guna meningkatkan kualitas pembangunan di desa, Bupati Nias duduk bersama para tenaga pendamping profesional, Rabu (8/2/2023), bertempat di ruang serbaguna lantai III Kantor Bupati Nias.

Orang nomor satu di Kabupaten Nias itu mengatakan dengan diterbitkannya surat penugasan baru kepada para Tenaga Ahli Kabupaten, Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) diharapkan mampu membawa semangat serta perubahan yang baik di Kabupaten Nias.

“Dana Desa harus menunjang kebijakan pemerintah yakni pemulihan ekonomi dan penuntasan kemiskinan. Dana Desa digunakan untuk pembangunan jalan, jambatan, pasar dan irigasi di desa yang mendukung kelancaran distribusi barang serta ketersediaan pangan,” tuturnya.

Menurut Bupati Nias, pendamping profesional harus tinggal di desa, hidup bersama masyarakat di desa, merasakan apa yang mereka rasakan, sehingga mereka dapat disebut sebagai pendamping desa yang seutuhnya.

“Kondisi desa-desa di Kabupaten Nias hingga awal tahun 2023 masih berada di status desa tertinggal, 22 desa dalam kategori terisolir dan belum dapat diakses kendaraan roda 4, penyelenggaraan pemerintahan dan anggaran dana desa yang masih belum tertib, 4 desa di Kecamatan Ulugawo tidak dapat menyerap dana desa tahap selanjutnya,” ungkapnya.

Ia berpesan, koordinator kabupaten harus memberikan pembinaan kepada PD dan PLD, hal ini dikarenakan masih banyak desa yang belum mandiri dalam penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran setiap tahun serta penataan aset yang belum berjalan dengan baik.

“Fungsi saudara-saudara disini adalah mendampingi dan menfasilitasi, bukan membuat atau mengerjakan langsung tetapi mengarahkan sampai mereka bisa di desa,” pungkas Bupati Nias.

Hadir pada pertemuan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Terkait, Koordinator TPP Kabupaten dan Seluruh Tenaga Pendamping Desa serta Pendamping Lokal Desa di Kabupaten Nias.

 

Penulis: DonniEditor: Dul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.