Daerah  

Buka Peluncuran Perdana Penerapan IKD, Ini Harapan Bupati Nias

IMG 20230216 WA0016

 

GERAKNEWS.COM//NIAS//16/02/2023

Bertempat di ruang serbaguna Kantor Bupati Nias lantai tiga, Bupati Nias Ya’atulo Gulo membuka secara resmi peluncuran perdana penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Rabu (15/2/2023).

Tampak hadir pada kegiatan itu, Wakil Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nias dan PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Nias.

“Mengikuti penerapan teknologi, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi, mempermudah dan mempercepat pelayanan publik dan mengamankan identitas digital,” ungkap Kepala Disdukcapil Kabupaten Nias, Tehesokhi Hulu saat menyampaikan laporan.

Ia mengatakan, pihaknya telah menerapkan aplikasi IKD pada seluruh pegawai Disdukcapil Kabupaten Nias.

“Ada tiga tahapan penerapan aplikasi IKD yakni bagi pegawai di Disdukcapil Kabupaten Nias yang dimana hal ini telah diterapkan, kemudian kepada seluruh PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Nias dan terakhir bagi masyarakat penduduk Kabupaten Nias,” lapornya.

Sementara itu, Bupati Nias Ya’atulo Gulo dalam arahan dan bimbingannya mengajak seluruh hadirin untuk mewujudkan visi misi daerah yakni Tri Sakti Nias Maju.

“Pemanfaatan teknologi informasi terus kita galakkan, termasuk IKD, dari sisi keamanan aplikasi ini dilengkapi dengan fitur tangkap layar, sehingga dapat terhindar dari penyalahgunaan,” tutur Bupati Nias.

“Adapun yang terintegrasi pada aplikasi ini antara lain Kartu Keluarga, KTP-el, Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran, Sertifikat Vaksin, NPWP, Kartu ASN, Kartu Pemilih dan Kartu Indonesia Sehat,” sambungnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Nias itu mengapresiasi inovasi yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Nias.

“Ada tiga inovasi yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Nias antara lain penyerahan akta kematian (samati); nikah bahagia akta diterima (kabari) dan pelayanan langsung akta lahir, kartu keluarga dan kartu identitas anak (payung alakkia). Saya mengapresiasi karena berdampak positif, kiranya inovasi ini terus dilakukan,” tuturnya.

Mengakhiri penyampaiannya, Bupati Nias mengajak seluruh perangkat daerah untuk terus meningkatkan pelayanan publik.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Nias, peluncuran perdana penerapan IKD dengan ini saya buka,” imbuhnya mengakhiri.

Usai arahan dan bimbingan Bupati Nias, terpantau para PNS yang hadir pada kegiatan peluncuran perdana tersebut menerapkan aplikasi IKD pada smartphone nya masing-masing.

 

Penulis: DonniEditor: Dul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.