Bawaslu KBB Luncurkan ‘ADIKSI’ Jadikan Program Unggulan di Momentum Bulan Ramadhan 1444 H/2023 Masehi

IMG 20230412 WA0054

Geraknews.com//GUNUNGHALU,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB) gelar kegiatan Hybrid ADIKSI “Agenda Diskusi Kepemiluan dan Demokrasi” yang bertepatan pada momentum bulan Ramadhan 1444 H/2023 Masehi tahun ini.

ADIKSI merupakan program unggulan Bawaslu KBB pada momentum Ramadhan 1444 H/2023 Masehi sebagai wahana meningkatkan kapasitas pengetahuan dan wawasan kepemiluan bagi jajaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan.

Program ADIKSI yang digelar pada Ramadhan 1444 H/2023 Masehi ini diharapkan bisa menciptakan pemilu yang penuh berkah melalui diskusi wawasan kepemiluan dan demokrasi bagi seluruh jajaran tingkatan Panwaslu di KBB.

Gelaran ADIKSI dibagi untuk beberapa zona wilayah kerja pengawasan yang ada di 16 wilayah Kecamatan di KBB, antara lain; zona utara dilaksanakan di Panwascam Parongpong, zona barat di Panwascam Cipeundeuy, zona tengah di Panwascam Saguling serta zona selatan dilaksanakan di Panwascam Cihampelas dan Gununghalu.

Pelaksanaan program unggulan ADIKSi yang digagas Bawaslu KBB di Panwascam Gununghalu merupakan gelaran sesi ke-5 atau rangkaian agenda terakhir dari 4 (empat) acara yang telah terlaksana sukses sebelumnya di 4 Kecamatan.

Program acara ADIKSI sesi 5 di Kecamatan Gununghalu digelar ba’da Ashar yang dimulai dengan zoom meeting untuk seluruh Panwascam di kantor Sekretariat Panwascam Gununghalu, Jl Sirnagalih, Desa Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Selasa, 11 April 2023.

Hadir langsung dalam sesi terakhir giat ADIKSI ini, Ketua Cecep Rahmat Nugraha, Kordiv SDM, Diklat & Organisasi, Kordiv HP2HM Ujang Rohman beserta tim staf teknis Bawaslu KBB, jajaran para pimpinan komisioner Panwascam beserta Kasek dan staf dari perwakilan 4 (empat) Kecamatan Rongga, Gununghalu, Sindangkerta & Cipongkor serta sahabat Pengawas Kelurahan/Desa (PKD).

Ditemui awak media Times Gununghalu disela acara, Cecep Rahmat Nugraha mengungkapkan bahwa ADIKSI sebenarnya agenda yang sudah lama digagas oleh Bawaslu KBB, namun sempat terpending karena kondisi Covid-19 yang melanda hampir seluruh bangsa di dunia.

“ADIKSI sudah dikonsep pada tahun 2000 lalu namun karena kondisi pandemi Covid-19 tidak dimungkinkan untuk dieksekusi,” ungkap Cecep R Nugraha, di kantor sekretariat Panwascam Gununghalu, Selasa, 11 April 2023.

Cecep Rahmat Nugraha yang merupakan Ketua Bawaslu KBB, mengungkapkan sangat mengapresiasi program ADIKSI bisa lanjut dan diimplementasikan oleh Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Diklat & Organisasi yang sekarang tidak dijabat olehnya.

Cecep R Nugraha yang akrab dipanggil Abang lebih lanjut menjelaskan bahwa dengan digelarnya rangkaian program ADIKSI ini, bisa menambah wawasan dan lebih memperdalam lagi pengetahuan tentang kepemiluan dan demokrasi bagi seluruh jajaran Panwascam sampai tingkatan di bawahnya.

Dilokasi yang sama Koordinator Divisi (Kordiv) SDM, Diklat & Organisasi Said Hudri menjelaskan ADIKSI akan coba terus berlanjut diagendakan untuk Panwascam lainnya yang ada di KBB.

“Insha alloh program ADIKSI akan terus kita lanjutkan di Panwascam lainnya seluruh Kecamatan yang ada di KBB, walaupun sudah diluar momentum Ramadhan,” jelas Said Hudri.

Said Hudri melanjutkan bahwa dari sisi divisi yang dipimpinnya, program ADIKSI merupakan sarana dalam rangka peningkatan kapasitas SDM maupun penguatan tata kelola administrasi bagi jajaran kesekretariatan yang ada di Panwascam untuk lebih baik lagi.

Pimpinan Komisioner Bawaslu KBB lainnya, Ujang Rohman selaku Kordiv HP2HM menjelaskan bahwa ADIKSI merupakan program lembaga yang cukup baik sebagai ajang silaturahmi sekaligus untuk mempertajam wawasan tentang kepemiluan dan demokrasi di ranah pengawas pemilu Ad-hoc.

“Saya melihat ADIKSI merupakan agenda Bawaslu KBB yang cukup baik untuk dilanjutkan, karena akan mempertajam wawasan kepemiluan & demokrasi di jajaran Panwascam serta PKD,” jelas Ujang Rohman.

Ujang Rohman yang sering dipanggil Pak Kiyai menambahkan dengan adanya ADIKSI ini minimal jajaran pimpinan Bawaslu KBB bisa bersilaturahmi dengan jajaran Panwascam yang ada di 16 Kecamatan Bandung Barat.

“Pada momentum bulan Ramadhan yang penuh barokah ini, digelarnya ADIKSI minimal kami (pimpinan Bawaslu KBB, red) dapat bersilaturahmi sekaligus dapat melihat dan mendengarkan kondisi sebenarnya di tiap Panwascam,” tambahnya.

Perlu diketahui bahwa gelaran program unggulan ADIKSI Bawaslu KBB yang dilaksanakan di Panwascam Gununghalu merupakan rangkaian acara terakhir di momentum Ramadhan tahun ini. Sebelumnya ADIKSI telah dilaksanakan di 4 (empat) wilayah Panwascam antara lain; Panwascam Cipeundeuy, Parongpong, Saguling dan Panwascam Cihampelas yang semuanya berjalan lancar dan sukses.

Penulis: IndraEditor: Indra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.